VIDEO: Dinkes Jeneponto Beberkan Manfaat Vaksin Covid-19

images-ads-post

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto membeberkan sejumlah manfaat vaksin Covid-19 untuk tubuh manusia usai di vaksin.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan yang juga juru bicara Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryanigrat, Kamis (28/1/2021) saat ditemui diruang kerjanya.

Menurut Suryanigrat, Pemerintah Kabupaten Jeneponto telah menerima vaksin Sinovac sebanyak 3.600 dosis vaksin pada Rabu kemarin (28/1/2021) dan akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan nanti juga akan diberikan untuk masyarakat.

Dengan adanya Vaksin Covid-19 di Jeneponto, Suryanigrat pun membeberkan manfaatnya ketika usai vaksin.

“Jadi manfaat vaksin ini akan membentuk kekebalan tubuh secara kelompok. Jadi kita berharap dengan adanya Vaksinisasi ini semua masyarakat telah memiliki anti bodi terhadap virus Covid-19, sehingga tidak mudah lagi diserang oleh Covid-19, itu manfaat pertamanya,”ujar Suryanigrat.

Bahkan kata Suryanigrat, penyuntikan Vaksin Covid-19 ini tak memiliki efek samping yang berat.

“Jadi vaksin Covid-19 ini telah di uji klinis tahap ke tiga di Jawa Barat di salah satu kota di Bandun dan telah keluar rekomendasi uji klinis tahap tiga oleh balai BPOM dan efek samping dari pemberian vaksin ini itu tidak ada, dan hanya mungkin pegal pegal dan mungkin ada yang akan demam sesaat dan setelah itu tidak ada laporan yang berarti efek samping pada pemberian vaksin Sinovac ini,”pungkasnya.

Untuk mendapatkan kekebalan tubuh usai vaksin, Suryanigrat mengatakan, pemberian vaksin bukan hanya satu kali, melainkan ada dua tahap pemberian vaksin.

“Untuk pemberian vaksin Covid-19 ini kita berikan dua dosis, dosis pertama itu pada tanggal pemberian dan pada 14 hari kemudian akan diberikan dosis kedua, jadi diharapkan setelah pemberian dosis kedua dan satu Minggu setelah pemberian dosis kedua, biasanya sudah terbentuk kekebalan tubuh atau anti bodi terhadap penyakit atau virus Covid-19,”katanya.

Pihaknya tidak menjamin jika hanya sekali pemberian vaksin lantas tubuh manusia akan kebal dari virus.

“Jadi kalau hanya pemberian vaksin pertama itu belum ada jaminan tidak akan terkonfirmasi Positif Covid-19 lagi, nanti pada pemberian dosis kedua dan satu Minggu sesudah pemberian vaksin maka sudah terbentuk yang namanya anti bodi atau kekebalan pada tubuh,”tambah Suryanigrat.

Diketahui, pemberian Vaksin Covid-19 ini diberikan secara gratis oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Nantinya juga, masyarakat sudah di vaksin akan menerima sertifikat sudah di vaksin.

Penulis: Dedi