Logo Sulselsatu

Disdik Sulsel Pertimbangkan Buka Sekolah Tatap Muka

Asrul
Asrul

Selasa, 16 Februari 2021 15:56

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Makassar – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Muhammad Jufri tengah mempertimbangkan pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap. Pembukaan sekolah tatap muka ini dikhususkan bagi siswa kelas XII jenjang SMA/SMK.

Jufri menjelaskan pertimbangan ini diambil untuk persiapan siswa kelas XII menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS).

“Kenapa ini dilakukan, karena beberapa bulan kedepan kan mereka akan ujian akhir sekolah. Dan persiapan mereka untuk mendaftar ke perguruan tinggi,” kata Jufri di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (16/2/2021).

Baca Juga : VIDEO: Sah, UAS Resmi Nikahi Gadis 19 Tahun Asal Jombang

Lebih Lanjut Jufri mengaku, rencana sekolah tatap muka ini juga sudah disampaikan langsung ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Dia menjelaskan, selain pertimbangan menghadapi Ujian akhir sekolah, sejumlah pertimbangan lain seperti evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemic covid 19 yang diakui memberatkan guru.

“Beberapa keluhan guru-guru kita, misalnya yang mengajar mata pelajaran yang memang sehari-harinya membutuhkan papan tulis. Misalnya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. Khususnya Fisika itukan kalau menjelaskan butuh menulis di papan tulis untuk menurunkan rumus,” paparnya.

Baca Juga : VIDEO: UAS Akan Nikahi Gadis Asal Jombang Berusia 19 Tahun

Jufri menambahkan rencana sekolah tatap muka inipun masih akan dikaji lebih lanjut. Dengan mempertimbangkan indikator epidemiologi Covid-19 di tiap kabupaten/kota.

“Kita akan coba buka komunikasi untuk sekolah daerah-daerah, supaya bisa dilihat peluangnya apakah bisa dilakukan secara bertahap,” jelas Jufri.

Sekedar diketahui diketahui masa belajar dari rumah diperpanjang hingga 1 April 2021. Kebijakan ini ditetapkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah melalui surat edaran bernomor: 420/0014/DISDIK Tentang Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di Sulsel.

Baca Juga : Pelajar SMU Jeneponto Pawai Sepeda Motor dan Ugal-ugalan di Jalan

Kebijakan ini berlaku pada jenjang perguruan tinggi termasuk TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat. Namun demikian, aturan tersebut bersifat fleksibel. Dimana akan menyesuaikan situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Sulsel.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Mei 2024 22:26
VIDEO: Plafon Masjid di Makassar Roboh Usai Salat Ashar
SULSELSATU.com – Plafon Masjid di Jalan Andalas, Kelurahan Melayo, Wajo, Makassar Roboh Kejadian ini terjadi pada Selasa (30/4/2024). Insiden te...
Turatea01 Mei 2024 22:03
Hadiri Peringatan HUT Jeneponto, Pj Ketua TP PKK Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mendampingj Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, men...
OPD01 Mei 2024 21:51
Ketua DPRD Sulsel Terima Langsung Demonstran Dari Serikat Buruh
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah organisasi serikat pekerja menggelar aksi turun ke jalan dalam memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2...
Ekonomi01 Mei 2024 21:19
Lakukan One on One Meeting, Dirut BRI Sunarso dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia
SULSELSATU.com, JAKARTA – Direktur Utama BRI Sunarso bertemu langsung lakukan one on one meeting dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Jakarta Conve...