Logo Sulselsatu

PKS Tunggu Keseriusan Presiden Jokowi Revisi UU ITE

Asrul
Asrul

Kamis, 18 Februari 2021 17:16

PKS Tunggu Keseriusan Presiden Jokowi Revisi UU ITE

SULSELSATU.com – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera memberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) waktu selama satu bulan untuk membuktikan keseriusan niat merevisi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Apresiasi niat revisi UU ITE. Kami tunggu satu bulan ini tindak lanjut niat baik ini,” kata Mardani kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Ia pun mengingatkan Jokowi bahwa Pasal 27 dan Pasal 28 UU ITE sering bersifat karet alias multitafsir di tengah masyarakat. Bahkan, menurutnya, dua pasal itu berpeluang untuk melemahkan demokrasi Indonesia karena membuat masyarakat takut untuk bersuara.

Baca Juga : Presiden PKS Sebut Cagub Sulsel 2024 Masih Penjajakan, Ada Nama RMS dan Andi Iwan Aras

Mardani berjanji, pihaknya akan mendukung segala upaya yang menyehatkan demokrasi.

Sponsored by MGID

“Tapi, kalau drama, apalagi gimmick, rakyat akan melihatnya,” lanjut Mardani.

Badan Legislasi (Baleg) DPR sendiri sudah membuka pintu bila pemerintah ingin memasukkan revisi UU ITE ke dalam Prolegnas Prioritas 2021.

Baca Juga : VIDEO: Tak Terima Divonis 3 Tahun, Aktivis Anti Masker Serang Hakim

Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi mengatakan revisi UU ITE sebenarnya terdaftar di Prolegnas jangka menengah 2020-2024. Tapi kata dia, terbuka peluang perubahan beleid itu masuk ke daftar Prolegnas Prioritas 2021 jika disepakati oleh DPR, DPD, dan pemerintah.

Awiek menerangkan, revisi UU ITE bisa dimasukkan ke Prolegnas Prioritas 2021 melalui sejumlah jalur seperti yang diatur UU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP).

Editor: Asrul

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan23 September 2021 22:15
Perumda Air Minum Makassar Laksanakan Instruksi BPK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berdasarkan Instruksi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terkait air baku yang akan diolah sebagai air bersih harus teruk...
Video23 September 2021 22:05
VIDEO: Satpol PP di Bekasi Minta Konsumen Masuk Minimarket Pakai PeduliLindungi, Ahli: Berlebihan
SULSELSATU.com – Sosialisasi petugas Satpol PP untuk pemasangan barcode PeduliLindungi di minimarket di Bekasi dianggap berlebihan. Dalam video ...
Ekonomi23 September 2021 21:17
Yuk Merapat! PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendara...
Sponsored by MGID
Adventorial23 September 2021 21:00
Pemkot-DPRD Masih Kaji Aturan PTM di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Meski Pemerintah Kota Parepare belum memperbolehkan kegiatan sekolah luar jaringan (luring) atau Pembelajaran Tatap M...