Logo Sulselsatu

Mentan SYL Janjikan Program Inseminasi Buatan Kuda untuk Jeneponto

Asrul
Asrul

Sabtu, 17 April 2021 05:04

Mentan SYL Janjikan Program Inseminasi Buatan Kuda untuk Jeneponto

SULSELSATU.com, Jeneponto – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau proses Inseminasi Buatan (IB) sapi lokal di Desa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Jumat (16/4/2021).

Syahrul berharap proses produksi peranakan hingga perawatan sapi bisa berhasil melalui sentuhan teknologi canggih.

“Saya harap setiap tahun selalu ada akselerasi untuk menghadirkan bibit inseminasinya secara massal,” ujar mantan Gubernur Sulsel dua periode itu.

Baca Juga : Mentan SYL Apresiasi Wali Kota Danny Tingginya Produksi Cabai di Lorong Makassar

Tak hanya sapi, pengadaan bibit unggul yang berkualitas melalui inseminasi buatan khusus kuda juga harus diperanakan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi hewani masyarakat Jeneponto sebagai daerah yang banyak mengkonsumsi daging kuda.

Sponsored by MGID

“Kementerian Pertanian sebagai leading sektor pertanian dan peternakan berencana menghadirkan inseminasi buatan khusus kuda di Jeneponto,” katanya.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, menyambut positif program ini. Ia optimis produksi inseminasi buatan sapi di Desa Bontomanai akan meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga : Rp 98 Miliar Ekspor Sulsel, Plt Gubernur Sulsel Harap Ekspor Pertanian Salip Ekspor Tambang

“Dengan sapi ternak berkualitas yang dihasilkan melalui donor pejantan berkualitas serta ditunjang SDM berkompeten dan didukung perlengkapan modern kami yakin produktifitas di Desa Bontomanai ini akan meningkat setiap tahunnya,” singkat Iksan.

Sementara Camat Rumbia menjelaskan bahwa Balai di desa Bontomanai tersebut mampu menghasilkan sapi unggul dengan proses pengembangan modern melalui sentuhan teknologi terbaru. Dengan tingkat produksi yang terbilang tinggi. Yaitu rata-rata sebanyak 200 ekor pertahun dengan harga jual mencapai 10 juta rupiah per ekor.

“Alhamdulillah poduktifitasnya tinggi dan sapinya besar-besar,” jelasnya.

Baca Juga : Anggaran Tak Kunjung Cair, RSUD Lanto Dg Pasewang Tunggak Utang Obat Rp3 Miliar Lebih

Penulis: Dedi

Editor: Midkhal

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial23 September 2021 23:38
Kepala Bappeda Bawakan Program Zikir dan Tausiyah Pemkot Parepare di Masjid Nawing Al-Amin
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota Parepare tetap mengintensifkan kegiatan religius di masa pandemi Covid-19. Melalui kegiatan Zikir dan...
Video23 September 2021 23:32
VIDEO: Detik-detik Pria di Cilacap Jatuh Tersungkur Di Hadapan Jokowi
SULSELSATU.com – Seorang pria asal Kemiren, Cilacap jatuh tersungkur dihadapan Presiden Jokowi. Pria tersebut nekat terobos penjagaan Paspampres...
Metropolitan23 September 2021 22:15
Perumda Air Minum Makassar Laksanakan Instruksi BPK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berdasarkan Instruksi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terkait air baku yang akan diolah sebagai air bersih harus teruk...
Sponsored by MGID
Video23 September 2021 22:05
VIDEO: Satpol PP di Bekasi Minta Konsumen Masuk Minimarket Pakai PeduliLindungi, Ahli: Berlebihan
SULSELSATU.com – Sosialisasi petugas Satpol PP untuk pemasangan barcode PeduliLindungi di minimarket di Bekasi dianggap berlebihan. Dalam video ...