Logo Sulselsatu

Nilai SAKIP Pemkab Gowa Bertahan Tiga Kali Berturut-turut

Asrul
Asrul

Jumat, 23 April 2021 14:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com. GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil mempertahankan pencapaiannya dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Dimana pada 2020 ini kembali mendapatkan predikat B berdasarkan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksana Reformasi Birokrasi Instansi 2020. Bahkan pada pencapaiannya saat ini nilai SAKIP yang diperoleh Pemkab Gowa berhasil mempertahankan predikat B selama tiga kali berturut-turut.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa sudah mempertahankan capaian ini selama tiga tahun berturut-turut.

“Kita mendapatkan predikat B bersama beberapa kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Selatan. Ini menunjukkan hasil yang baik dari sisi predikat,” katanya saat mengikuti Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksana reformasi birokrasi instansi 2020, secara virtual di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Kamis, (22/4/2021).

Ia menyebutkan, dari segi nilai, SAKIP Pemerintah Kabupaten Gowa mengalami peningkatan. Dimana jika pada 2019 lalu nilai yang diperoleh sekitar 63,25, maka di tahun ini berhasil naik menjadi 63,51.

“Nilai B ini memperoleh angka 60,00 hingga 69,99. Sementara untuk nilai pelaksanaan reformasi birokrasi atau RB Pemkab Gowa berhasil meraih angka 52,20,” katanya lagi.

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina berharap dengan perolehan hasil evaluasi ini akan menjadi catatan bagi instansi-instansi di lingkup Pemkab Gowa untuk terus memperbaiki kinerja pemerintahannya.

“Untuk target kita terus melakukan perbaikan. Kita berharap bahwa nilai kita ini memang selalu mengalami peningkatan,” lanjut Kamsina yang juga menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa.

Ia menegaskan, hasil penilaian tersebut tentunya akan menjadi evaluasi bagi para instansi pemerintahan untuk lebih bekerja lebih baik. Dengan melihat aspek-aspek yang perlu diperbaiki di masa mendatang.

“Terutama untuk tingkat SKPD. Karena setiap SKPD berkontribusi terhadap penilaian SAKIP dan RB,” tegasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB RI, Agus Uji Hantara mengatakan, penyerahan ini merupakan rangkaian dari kegiatan evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tahun 2020 yang prosesnya dilakukan secara daring.

“Kemudian hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB tahun 2020 ini disampaikan secara bersamaan dengan pertimbangan agar lebih efisien dan efektif,” kata Agus.

Dalam penyerahan hasil evaluasi SAKIP dan RB turut hadir Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Taufiq Mursad.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...