Logo Sulselsatu

Kas Pemprov Tekor Rp1,9 Miliar, Ini Kata Plt Gubernur Sulsel

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 04 Juni 2021 19:47

Kas Pemprov Tekor Rp1,9 Miliar, Ini Kata Plt Gubernur Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, angkat bicara terkait tiga Organisasi Perangkap Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel kedapatan menggunakan anggaran yang tidak sesuai peruntukan berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Berdasarkan pemeriksaan BPK, terjadi kekosongan kas tekor sebesar Rp 1,9 Miliar yang berujung putusannya Opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) BPK secara berturut turut.

Sudirman Sulaiman mengaku menyerahkan seluruhnya kepada Inspektorat melakukan pemeriksaan lebih hasil temuan BPK tersebut, baru bisa mengambil keputusan terhadap ketiga OPD tersebut.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Wajo

“Kita lihat hasil inspektorat dulu. Tidak fair juga kalau langsung tag tag harus dilihat kasusnya dimana, celanya dimana, masalahnya dimana, penanggungjawab langsung siapa kita harus juga. Kita kan masih ada mekanisme-mekanisme,” ucapnya. Jumat (4/6/2021).

Sponsored by MGID

Sementara itu, Plt Kepala Inspektorat Sulsel Sulkaf S Latif mengatakan dari 3 OPD kedapatan memakai anggaran yang tidak diketahui peruntukannya, hingga saat ini baru Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU TR) mengembalikan seluruhnya.

“Inspektorat mengawal tindak lanjut kalau Dinas PU TR sudah mengembalikan seluruhnya, DPRD (Sekwan) sebagian” ucapnya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga : Pantau Pelaksanaan Test SKD CPNS, Plt Gubernur Sulsel Beri Motivasi Para Peserta

Untuk Badan Penghubung Pemprov Sulsel, lanjut Sulkaf, saat ini masih sementara melengkapi administrasi pertanggungjawaban.

“Badan penghubung melengkapi administrasi pertanggungjawabannya,” tambahnya

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK Sulsel menemukan sejumlah masalah di tiga organisasi perangkat daerah tersebut. Temuan BPK atas hasil LKPD Pemprov Sulsel ada tiga OPD yang tidak melaporkan detail penggunaan anggaran, dilaporkan kas kosong, padahal ada Rp 1,9 Miliar anggaran yang digunakan tidak diketahui peruntukannya.

Baca Juga : BPBD Sulsel Salurkan Bantuan Logistik Bagi Korban Banjir di Wajo dan Bone

Hanya saja, tidak disebutkan lebih rinci berapa anggaran yang digunakan masing- masing oleh tiga OPD tersebut dari total Rp 1,9 Miliar yang menjadi temuan BPK.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama18 September 2021 01:08
Dispora Sulsel Teken Kontrak dengan PT Artefak Arkindo Terkait Pengawasan Pembangunan Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT...
Video18 September 2021 00:27
VIDEO: Perjuangan Guru Honorer Penderita Stroke Ikut Seleksi PPPK, Digendong Masuk Ruangan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan perjuangan guru honorer penderita stroke mengikuti ujian PPPK 2021 yang sudah dimulai sejak Senin (...
Video17 September 2021 22:46
VIDEO: Moge Ducati 1.200 CC Terbakar saat Touring di Wisata Gunung Bromo
SULSELSATU.com – Salah satu motor gede (moge) terbakar di Jalur Wisata Gunung Bromo. Dalam video tampak rombongan touring moge menuju Wisata Gun...
Sponsored by MGID
Makassar17 September 2021 20:05
Sosialisasi Assesment Clinic HOTS, UNM Target Peningkatan IKU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sosialisasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam rangka Revitalisasi...