Logo Sulselsatu

Perkuat Peran Komite Sekolah, Dewan Pendidikan Gelar Rakor

Midkhal
Midkhal

Rabu, 30 Juni 2021 13:46

Perkuat Peran Komite Sekolah, Dewan Pendidikan Gelar Rakor

SULSELSATU.com, Makassar – Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menyelenggarakan Rakor Peningkatan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se Kota Makassar, Selasa (29/6/2021) di Hotel Arthama.

Rakor yang melibatkan puluhan komite sekolah di Makassar dan dibuka Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Dr Hj Apiaty Amin Syam.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Nasran Mone, penguatan kapasitas bagi komite sekolah harus dilakukan. Mengingat banyak aturan baru terkait pendidikan yang harus disosialisasikan ke orang tua peserta didik.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Dewan Pendidikan Kota Makassar Tunda Lomba Cerdas Cermat

Mantan anggota DPRD Makassar itu mengatakan, selama ini, fungsi dan peran komite sekolah banyak diabaikan. Karena persoalan itu, Dewan Pendidikan berharap melalui sosialisasi ini, perannya bisa lebih diperhitungkan.

Sponsored by MGID

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Hj Apiaty Amin Syam mengatakan, komite sekolah seharusnya bertugas memberi pertimbangan dalam penentuan kebijakan pendidikan di sekolah. Selain itu, melakukan pengawasan rencana anggaran terhadap belanja sekolah.

Namun dia melihat masih banyak komite sekolah yang merasa tidak dibutuhkan sekolah. Padahal, kapasitasnya sebagai jembatan antara orang tua dan pihak sekolah.

Baca Juga : Rudianto Lallo Reses di Kodingareng, Boyong Dinas PU, Dishub dan PDAM Tampung Langsung Keluhan Warga

“Jadi peran dan fungsi komite sekolah itu sangat penting sebagai wakil orang tua murid. Keberadaannya sebagai jembatan,” ungkap Apiaty.

Dia berharap, para komite sekolah yang telah mengikuti rakor, bisa lebih memahami perannya.

“Kami berharap, para komite sekolah yang sempat hadir bisa memanfaatkan momen ini. Materi-materi yang disampaikan narasumber menjadi rujukan dan pegangan untuk bisa mengelola komite sekolah lebih baik lagi,” tandas Apiaty.

Baca Juga : Hadiri Mubes IKA SMA 6 Angkatan 94, Rudianto Lallo Dorong Angkatan Lain Bentuk Kepengurusan

Sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut diantaran Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulsel Ady Suryadi Culla, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Ramli Rahim, dan Sawedi Muhammad. Rakor dipandu budayawan Sulsel, Moh Hasymi Ibrahim.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik31 Juli 2021 07:47
Pengundian Nomor Urut Caketum HIPMI Makassar, Nidal 1, Fadel 2, Hikmah 3
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Nidal Rusdin memdapat nomor urut 1 sebagai calon ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Makassar da...
Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Sponsored by MGID
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...