Logo Sulselsatu

Terkait Puluhan TKA Cina Ke Sulsel, Ini Kata Danny Pomanto

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 05 Juli 2021 15:40

Walikota Makassar, Danny Pomanto.
Walikota Makassar, Danny Pomanto.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) angkat bicara terkait puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Cina yang tiba di Sulsel pada hari Sabtu (03/07/2021). Malam, lalu.

Kata Danny, Kedatangan mereka bukanlah otoritas dari Pemkot Makassar apa lagi tujuan mereka bukanlah kota Makassar melainkan Kabupaten Bantaeng.

Meski begitu, Danny menyebut siapapun bisa masuk ke Sulsel asalkan taat pada protokol kesehatan serta taat pada aturan yang berlaku di daerah tersebut.

Baca Juga : Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC

“Kalau saya, kan otoritas bandara itu bukan pada Pemerintah Kota. Kemudian, tujuannya juga itu tidak di kota. Jadi bagi kami, ini negeri terbuka. Setiap orang bisa masuk ke sini yang penting dia taat protokol, taat hukum nasional kita, saya kira kita tidak perlu bereaksi berlebihan.” kata Danny Saat ditemui di Balai Kota, Senin (05/07/2021).

Sponsored by MGID

Hanya saja, Khusus untuk menjadi TKA di Kabupaten/Kota di Sulsel, Danny menilai tak mesti mendatangkan orang asing meski di sejumlah perusahaan kekurangan pekerjaan.

Danny menyebut masih banyak tenaga kerja anak bangsa yang mempunyai skill yang tak kalah mumpuni dalam dunia kerja.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Kategori Layak Anak Tingkat Madya Dari Kemen PPPA RI

“Kecuali, hal-hal yang menyangkut tenaga kerja. Kita kan lagi kekurangan tenaga kerja, kalau hal-hal yang bisa dibuat anak negeri, kenapa harus orang luar. Tapi kalau anak negeri tidak bisa buat, kenapa juga kita menolak orang luar.”jelasnya.

Diketahui, TKA tersebut merupakan tenaga kerja PT Huadi Nikel Bantaeng. Mereka sebenarnya sudah dikarantina di Jakarta, sebelum masuk ke Makassar.

TKA dari Cina itu ternyata belum mengantongi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dari pemerintah pusat. Hal ini berdasarkan hasil investigasi awal yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik31 Juli 2021 07:47
Pengundian Nomor Urut Caketum HIPMI Makassar, Nidal 1, Fadel 2, Hikmah 3
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Nidal Rusdin memdapat nomor urut 1 sebagai calon ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Makassar da...
Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Sponsored by MGID
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...