Logo Sulselsatu

Gesekan TNI dan Polri, Jokowi: Tidak Boleh Terjadi Lagi!

Midkhal
Midkhal

Selasa, 13 Juli 2021 13:42

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada penerima Adhi Makayasa, pada Praspa TNI-Polri Tahun 2021, Selasa (13/07/2021) pagi, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada penerima Adhi Makayasa, pada Praspa TNI-Polri Tahun 2021, Selasa (13/07/2021) pagi, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

SULSELSATU.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa TNI dan Polri merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, prajurit TNI dan anggota Polri harus bersinergi untuk kepentingan bangsa dan negara.

“TNI dan Polri harus bersinergi, harus terus berkoordinasi, harus bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” ujarnya saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2021, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021) pagi.

Baca Juga : Ayo Hadiri Upacara Detik-detik Proklamasi ke-76 Bareng Jokowi, Begini Caranya

Presiden pun menyoroti masih adanya gesekan yang terjadi antara prajurit TNI dan anggota Polri. Ditegaskannya hal tersebut sudah tidak boleh lagi terjadi.

Sponsored by MGID

“Kadang kita masih mendengar berita mengenai gesekan yang terjadi antara prajurit TNI dan anggota Polri. Ke depan, hal ini sudah tidak boleh terjadi lagi, harus disudahi,” tegasnya.

Ditambahkan Presiden, dalam persaingan dunia yang semakin ketat, kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Bangsa Indonesia tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negeri.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi Video Call Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19 di Kukar

“Keberagaman sosial dan budaya harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi. Seluruh komponen bangsa harus bersatu untuk menjadi Indonesia incorporated yang kokoh bersaing dalam kompetisi global,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Presiden mengingatkan kepada seluruh organisasi pemerintahan dan kenegaraan untuk bersinergi dan saling mendukung.

“Antara TNI dan Polri dengan komponen bangsa yang lain harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi, antara anggota dan institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat,” tegasnya.

Baca Juga : Batal Dilonggarkan, PPKM Level 4 Malah Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021

Krisis akibat pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, imbuh Presiden, bisa memperkokoh kepedulian, kegotongroyongan, persatuan, dan kebersamaan serta mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja serta pengembangan teknologi dan industri.

Presiden pun berpesan kepada prajurit TNI dan anggota Polri untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan dan belajar dari krisis ini serta ikut serta memperkokoh kebersamaan berlandaskan Pancasila.

“Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Dan, melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme dan penuh rasa percaya diri,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Agustus 2021 02:59
Danny Fatma Hadiri Zikir Dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka Bersama Presiden Joko Widodo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengikuti Z...
Makassar01 Agustus 2021 20:28
Plt Gubernur Sulsel Sebut Fasilitas Isolasi Terintegrasi Terisi 57 Pasien
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, menyebut saat ini sudah sebanyak 57 pasien yang kini menjalani isolasi di...
Makassar01 Agustus 2021 20:06
Persiapan Launching, Pemkot Gelar Simulasi Akhir Isolasi Apung di KM Umsini
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama seluruh jajarannya, menggelar simulasi pengoperasian ...
Sponsored by MGID
Makassar01 Agustus 2021 15:59
Danny Minta Seluruh Camat Pastikan Verifikasi Data Penerima Bansos Secara Tepat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyaluran ba...