Logo Sulselsatu

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Takalar Teken MoU dengan Pengadilan Agama Takalar

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 13 Juli 2021 17:43

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Takalar Teken MoU dengan Pengadilan Agama Takalar

SULSELSATU.com, TAKALAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar terus memberikan pelayaan yang maksimal kepada masyarakat. Hal ini terbukti dengan dilakukannya perjanjian kerjasama antara Pengadilan Agama Takalar dengan Pemerintah Kepulauan Tanakeke tentang Pelayanan Sidang Luar Gedung.

Penandatangan dilakukan oleh Wakil Ketua PA Takalar mewakili Pengadilan Agama Takalar Amirullah Arsyad, dengan Camat Kepulauan Tanakeke Mappaturung, yang disaksikan Kabag Kesra di Ruang Kerja Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kab. Takalar, Selasa (13/07/2021).

Camat Kepulauan Tanakeke Mappaturung, saat diwawancarai mengatakan bahwa Mou ini merupakan inovasi Pemkab Takalar dalam mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Ia mengaku dengan adanya MoU ini kedepan masyarakat kepulauan tanakeke memiliki legal hukum dan kepengurusan administrasi kependudukan lebih cepat.

Sponsored by MGID

“Jadi masyarakat yang akan melakukan sidang Isbat akan dilakukan secara virtual, masyarakat tidak perlu lagi datang ke pengadilan agama tetapi cukup berada di tempat” ujarnya

Dia menambahkan bahwa tujuan dari perjanjian kerjasama ini untuk memberikan kemudahan dan efisiensi waktu kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kepulauan Tanakeke yang sudah menikah tetapi belum mendapatkan pengakuan dari negara, diberikan kemudahan dengan dilakukannya sidang Isbat Nikah secara virtual.

“Program ini sangat membantu masyarakat selain mempermudah pelayanan juga mengurangi biaya” tambahnya

Sementara itu, Wakil Ketua Pengadilan Agama Takalar Amirullah Arsyad, menyampaikan bahwa Mahkamah agung secara umum dan pengadilan agama secara khusus mengedepankan keadilan untuk semua dan keadilan untuk masyarakat miskin.

Olehnya itu, dalam pelayanan hukum dimasyarakat harus menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali termasuk dalam hal ini Kabupaten Takalar di kepulauan tanakeke yang selama ini cukup jauh dan terkendala dalam hal pelayanan hukum.

Sebagai langkah awal program ini akan dilaksanakan di kepulauan tanakeke terlebih dahulu dan akan ditindaklanjuti untuk kecamatan lainnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial23 September 2021 00:02
Ukur Potensi ASN, Pemkot Parepare Lakukan Tes Asesmen
SULSELSATU.com, Parepare — Untuk mengukur kemampuan manajerial Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota Pare...
Video22 September 2021 23:32
VIDEO: Syaharuddin Alrif Terima Aduan Pengusaha Peternak Ayam di DPRD Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah pengusaha peternak ayam mengadu ke DPRD Sulsel terkait lonjakan harga pakan yang dinilai terlalu tinggi. Sem...
Video22 September 2021 22:31
VIDEO: Bupati Kolaka Timur Terjaring OTT KPK Baru Menjabat 14 Minggu
SULSELSATU.com – Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur terjaring OTT Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (21/9/2021). Sebelum menangkap Bupati Ko...
Sponsored by MGID
Ekonomi22 September 2021 21:12
Lewat Kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas, Pegadaian Ajak Anak-anak Jadi Pahlawan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas pada bulan Juli lalu, kini PT Pegadaian ...