Logo Sulselsatu

Indeks Kemerdekaan Pers di Sulsel Naik Tiga Tahun Terakhir

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 02 September 2021 17:11

Indeks Kemerdekaan Pers di Sulsel Naik Tiga Tahun Terakhir

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Politik dan Komunikasi Bappenas bekerjasama dengan Sucofindo dan Dewan Pers, baru saja merilis hasil survei Indeks Kemerdekaan Pers dalam Demokrasi Indonesia. Hasilnya, Sulsel menduduki peringkat ke sembilan, dari 34 provinsi se Indonesia.

Berdasarkan data yang ada, IKP Provinsi Sulsel mengalami kenaikan dalam tiga tahun terakhir. Tahun ini, Sulsel berada di peringkat ke sembilan dari 34 provinsi di Indonesia, dengan nilai IKP 80,68.

Pada tahun 2020, Sulsel tercatat di peringkat 18, dengan nilai IKP 77,42. Kemudian di tahun 2019, Sulsel berada di peringkat 21, dengan nilai IKP 74,06.

Baca Juga : NA Lantik Amson Padolo Jadi Kadis Kominfo dan Jayadi Nas di PTSP

Sekedar informasi, survei ini dilakukan di 34 provinsi, dimana setiap provinsi diwakili oleh 12 informan ahli, yang memahami kemerdekaan pers di Indonesia secara umum, dan daerahnya secara khusus. Adapun informan ahli memiliki sejumlah kriteria. Antara lain, menguasai bidang terkait pers minimal lima tahun, dan memiliki pemahaman tentang kemerdekaan pers.

Sponsored by MGID

Sedangkan komposisi informan ahli, tiga orang dari pengurus aktif organisasi wartawan, tiga orang dari pimpinan perusahaan pers, tiga orang dari unsur pemerintah, dan tiga orang dari unsur masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Sulsel, Amson Padolo, menjadi salah satu informan ahli dalam survei yang dilakukan Bappenas ini, mengatakan indeks kemerdekaan pers yang terus membaik di Sulsel, tidak terlepas dari makin meningkatnya kesadaran semua pihak akan pentingnya peranan Pers dalam kehidupan bernegara.

Baca Juga : NA Lantik Amson Padolo Jadi Kadis Kominfo dan Jayadi Nas di PTSP

“Tiga tahun belakangan, indeks kemerdekaan pers di daerah ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Dari peringkat 21, kemudian 18, dan sekarang di urutan ke sembilan. Semoga terus membaik ke depan,” kata Amson.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial23 September 2021 00:02
Ukur Potensi ASN, Pemkot Parepare Lakukan Tes Asesmen
SULSELSATU.com, Parepare — Untuk mengukur kemampuan manajerial Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota Pare...
Video22 September 2021 23:32
VIDEO: Syaharuddin Alrif Terima Aduan Pengusaha Peternak Ayam di DPRD Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah pengusaha peternak ayam mengadu ke DPRD Sulsel terkait lonjakan harga pakan yang dinilai terlalu tinggi. Sem...
Video22 September 2021 22:31
VIDEO: Bupati Kolaka Timur Terjaring OTT KPK Baru Menjabat 14 Minggu
SULSELSATU.com – Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur terjaring OTT Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (21/9/2021). Sebelum menangkap Bupati Ko...
Sponsored by MGID
Ekonomi22 September 2021 21:12
Lewat Kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas, Pegadaian Ajak Anak-anak Jadi Pahlawan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas pada bulan Juli lalu, kini PT Pegadaian ...