Logo Sulselsatu

Agen Perisai BPJamsostek Solusi Jaminan Sosial Bagi Pekerja Informal di Desa

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 13 September 2021 13:09

Agen Perisai BPJamsostek beri perlindungan bagi pekerja informal (istimewa)
Agen Perisai BPJamsostek beri perlindungan bagi pekerja informal (istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek menghadirkan Agen Perisai bagi pekerja informal di desa yang menginginkan jaminan sosial.

Agen Perisai menjadi wadah bagi pekerja informal yang ada di desa seperti ojek, nelayan, tukang batu, petani atau pekerja lepas lain yang ingin mendapatkan jaminan sosial dengan penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Hendrayanto mengatakan, agen ini sebagai layanan bagi masyarakat atau pekerja informal yang membutuhkan jaminan sosial namun jauh dari kota untuk bisa menjangkau layanan dari BPJamsostek.

“Intinya, masyarakat yang ingin dapatkan jaminan ini cukup punya pekerjaan. Setorannya itu sebesar Rp16.800 per orangnya selama satu bulan. Masyarakat bisa langsung daftar dengan syarat punya pekerjaan saja,” jelas Hendrayanto, Senin, (13/9/2021).

Sponsored by MGID

Perlindungan bagi pekerja informal dengan jumlah setoran Rp16.800 ini sudah bisa mendapatkan dua jaminan yaitu kecelakaan kerja dan kematian. Cara bayarnya pun mudah, bisa langsung melalui agen Perisai tersebut, bayar di mini market atau bisa juga melalui aplikasi pembayaran.

Ia menjelaskan, beberapa komunitas pekerja informal yang sudah tergabung dalam agen Perisai ini mulai dari komunitas ojek, nelayan di daerah Paotere Makassar, komunitas tukang seperti tukang kayu dan batu.

Bahkan lanjutnya, ada juga agen Perisai dari komunitas petani seperti yang ada Kabupaten Soppeng. Tidak ada batasan pekerjaan untuk bisa bergabung, yang penting punya pekerjaan meskipun tidak tetap.

“Ada juga agen Perisai yang disebut wadah. Nah, wadah ini kerja sama dengan perusahaan seperti PD Parkir khusus untuk menaungi tukang parkir di Makassar. Kemudian ada juga wadah pekerja bongkar muat yang di pelabuhan,” bebernya.

Selama tahun 2021 ini, agen Perisai di BPJamsostek Makassar sudah mencapai 70 ribu anggota lebih. Jumlah ini meningkat jauh dari yang sebelumnya di awal tahun ini hanya sekitar 20 ribu peserta.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...