Logo Sulselsatu

UPA Gelar Assesment Kompetensi Bagi Calon Asesor

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 17 November 2021 15:01

UPA Gelar Assesment Kompetensi Bagi Calon Asesor (Sulselsatu / Jahir Majid)
UPA Gelar Assesment Kompetensi Bagi Calon Asesor (Sulselsatu / Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Patria Artha (UPA), menggelar Assesment Kompetensi bagi calon Asesor, di Kampus jalan Tun Abdu Razak, Gowa, Rabu (17/11/2021).

Sebanyak 24 orang calon asesor mengikuti asesment kompetensi selama dua hari, 15-16 November di Universitas Patria Artha (UPA).

Asesmen diikuti sebagai syarat untuk kembali memperoleh sertifikasi asesor pada bidang keahlian masing-masing.

Baca Juga : Teken MoU, UPA dan AKP Widya Buana Perkuat Pengelolaan Keuangan Aparat Desa se-Jawa Tengah

Koordinator Master Asesor dari Dr Siti Saenab dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjelaskan, kegiatan ini adalah upgrading kompetensi bagi asesor yang kembali ingin memperoleh sertifikat.

Sponsored by MGID

“Sertifikasi asesor itu harus diperbaharui dalam kurun waktu tiga tahun. Setelah lewat tiga tahun, para asesor kembali mengikuti upgrading untuk memastikan apakah para asesor masih kompeten atau tidak,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dari hasil kegiatan selama dua hari ini, pihaknya nanti akan memberi rekomendasi apakah peserta dinyatakan kompeten, diterima atau ditolak.

Baca Juga : Bekali Aksesor dengan Neurosains Terapan, BAN SM Gandeng UPA Makassar

“Indikatornya dinyatakan kompeten, ada dua syarat yang harus dipenuhi yakni selama tiga tahun mereka masih menjalankan tugas sebagai asesor, dan kedua harus lolos proses assesment seperti yang kita selenggarakan saat ini,” tambahnya.

Master Asesor Ahmada Daud STP, MSi menambahkan pihaknya ditugaskan melakukan asesmen calon asesor dengan hasil apakah yang bersangkutan kompeten atau tidak kompeten.

“Hasilnya dikirim ke Jakarta kemudian diplenokan oleh BNSP, apakah rekomendasi kami diterima atau tidak. Jika diterima, maka peserta berhak mengantongi sertifikat asesor kompetensinya selama tiga tahun ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga : Universitas Patria Artha Kembangkan Kurikulum Blok di Jurusan Kesehatan dan Teknik

Dia menambahkan ada beberapa yang harus dipenuhi untuk memperoleh sertifikat asesor. Diantaranya mengikuti proses asesmen, punya sertifikat teknis memiliki rekomendasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), pernah menguji minimal enam kali, serta memenuhi persyaratan dokumen yang dipersyaratkan.

Direktur LSP Universitas Patria Artha dan Manajemen Keuangan, Indri Setiani menjelaskan peserta yang ikut asesmen
kali ini merupakan dosen dan praktisi asesmen dari LSP P3 Manajemen Keuangan dan LSP P1 Unviersitas Patria Artha.

Indri mengatakan, untuk dosen-dosen di UPA, mereka harus bersertifikasi asesor sebagai prasyarat jika ingin menguji mahasiswa yang ingin mengantongi sertifikat keahlian.

Baca Juga : Universitas Patria Artha Kembangkan Kurikulum Blok di Jurusan Kesehatan dan Teknik

“Rata-rata lulusan UPA tidak sekadar mengantongi ijazah saja. Mereka juga dibekali keahlian sesuai disiplin ilmu masing-masing. Nah sebagai legal standingnya, UPA juga memfasilitasi proses agar mereka punya sertifikat profesi. Para asesor inilah nanti yang akan menguji mahasiswa tersebut,” pungkasnya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial08 Desember 2021 21:34
Pemkot dan LPPM Unhas Kolaborasi Kembangkan Kawasan Kuliner Halal di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Unhas Makassar melakukan ...
Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...