Logo Sulselsatu

Jaga Kesehatan, Berikut Ini 6 Langkah Cuci Tangan dengan Benar

Andi
Andi

Senin, 22 November 2021 09:15

 6 Langkah Cuci Tangan dengan Benar. Ist
6 Langkah Cuci Tangan dengan Benar. Ist

SULSELSATU.com – Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik sangat diwajibkan bagi semua masyarakat selama pandemi COVID-19.

Apalagi setelah beraktivitas seperti memegang hewan peliharaan, membersihkan kotoran menyiapkan makanan, beraktivitas di luar rumah dan lain-lain maka kegiatan seperti ini dapat memindahkan penyakit apalagi di tengah pandemi COVID-19.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah penyebaran penyakit/kuman yang menempel di tangan. Maka dari itu, kami merangkum 6 cara mencuci tangan dengan banar.

Dilansir dari infografis Sulsel Tanggap COVID-19 pada (22/11/2021), Berikut ini 6 langkah cuci tangan dalam 60 detik.

Sponsored by MGID

1. Pertama, tuangkan handrub secukupnya pada telapak tangan, usap dan gosok menggunakan kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Hal itu memastikan telapak tangan bersih dari kuman-kuman dan kotoran yang menempel.

2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian. Membersihkan punggung tangan dilakukan untuk menghilangkan debu dan koman yang menempel di bagian punggung.

3. Setelah menggosok kedua punggung tangan secara menyeluruh, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

4. Jika sela-sela jari telah bersih, kemudian ke tahap selanjutnya yakni, membersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci.

5. Gosok Kedua ibu jari dengan berputar secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk memastikan kedua ibu jari bersih dari kuman yang menempel selama beraktivitas.

6. Terakhir, letakan ujung jari ke telapak tangan dengan bergantian. Bilas dengan air bersih dan kemudian keringkan.

Mencuci tangan usai beraktivitas perlu dilakukan agar menghindari debu dan kuman yang menempel di tangan dan telapak tangan. Mencuci tangan perlu dilakukan baik setelah makan dan sebelum makan untuk menghindari kuman masuk ke dalam tubuh.

Selamat beraktivitas.

Penulis : Nur Waidah
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:38
Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel: Waspadai Hujan Ekstrem di Bulan Januari
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat curah hujan yang terjadi di Sulsel sa...