Logo Sulselsatu

Sudah Diresmikan Jokowi, Aras Harap Bendungan Karalloe Bisa Tingkatkan Produksi Pertanian

Asrul
Asrul

Rabu, 24 November 2021 14:35

Sudah Diresmikan Jokowi, Aras Harap Bendungan Karalloe Bisa Tingkatkan Produksi Pertanian

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bendungan Karalloe telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Lokasi Bendungan yang berjarak 137 Km ke arah Tenggara Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021)

Bendungan Karalloe mulai dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jenebarang, Ditjen Sumber Daya Air sejak Desember 2013.

Saat ini progres fisik bendungan sudah mencapai 100 persen dan sebagaimana yang telah ditargetkan selesai pada Juli 2021, kini telah siap difungsikan.

Baca Juga : Andi Iwan Aras Dampingi Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa

Dengan luas genangan 248,50 Hektar, suplai air bendungan ini akan digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 7.004 Hektar, sumber air baku 440 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 4,5 MW, dan pengendali banjir untuk Kabupaten Gowa sebesar 49 m3/detik.

Sponsored by MGID

Selain berfungsi sebagai konservasi air, Bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih.

Bendungan ini memang salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diharapkan mampu menambah income masyarakat yang lebih produktif.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Dampingi Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe

“Masyarakat Sulsel, khususnya Kabupaten Gowa, kini memiliki satu kebanggaan yang patut kita jaga dan lestarikan bersama yaitu Bendungan Karalloe yang telah diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo diharapkan mampu menjadi motor penggerak produksi pertanian agar semakin meningkat,” jelas Anggota DPR RI Komisi V Muhammad Aras.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar08 Desember 2021 19:03
Unduh Aplikasi Kallafriends Dapat 10 Ribu Kalla Point yang Bisa Ditukar di Gastros MaRI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kalla Group menghadirkan aplikasi Kallafriends yang bisa digunakan untuk akses produk dan layanan Kalla Group. Dengan...
Video08 Desember 2021 19:02
VIDEO: Kepergok Pacaran, Sang Ayah Hancurkan Ponsel Sang Anak
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga ayah melempar dan membanting ponsel milik anaknya. Video tersebut viral di...
Berita Utama08 Desember 2021 18:53
Walikota Tunjuk Pejabat Sementara Direksi Perusda, Dewan: Wujudkan Mimpi Danny-Fatma
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menunjuk sejumlah pejabat sementara untuk mengisi jabatan yang lowong di seluru...
Sponsored by MGID
Berita Utama08 Desember 2021 18:38
Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel: Waspadai Hujan Ekstrem di Bulan Januari
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat curah hujan yang terjadi di Sulsel sa...