Logo Sulselsatu

Dari Iseng Membaca Al-Qur’an, Profesor Matematika Ternama di Inggris Jadi Mualaf

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 20 Desember 2021 12:27

Seorang profesor matematika ternama di Inggris, Jeffrey Lang jadi mualaf setelah iseng membaca Al-Qur'an (Seruni)
Seorang profesor matematika ternama di Inggris, Jeffrey Lang jadi mualaf setelah iseng membaca Al-Qur'an (Seruni)

SULSELSATU.com – Berawal dari iseng membuka Al-Qur’an dan membacanya, seorang profesor Matematika bernama Jeffrey Lang di Inggris memutuskan jadi mualaf. Dirinya menjadi mualaf pada tahun 1980-an.

Sebelum menjadi mualaf, profesor di University of Kansas itu merupakan seorang atheis. Dirinya bahkan sudah menjadi atheis sejak umur 18 tahun.

Jeffrey Lang mengenal pertama kali Al-Qur’an saat tidak disengaja menemukan kitab suci umat Islam itu di mejanya. Al-Qur’an yang disimpan temannya itu, pada awalnya tidak membuat dirinya tertarik, namun ia membukanya karena penasaran.

Baca Juga : VIDEO: Begini Potret Kekompakan Ayana Moon dengan Adiknya yang Kini Mualaf

Dilansir dari SINDOnews, saat Lang membaca surah Al Fatihah, ia merasa ayat dalam surat ini sebagai puji-pujian layaknya Mazmur dalam Alkitab. Sampai di penghujung ayat, ia menemukan kalimat doa meminta petunjuk. Lang kemudian merasa terkecoh dan berasumsi Alquran buatan manusia.

Sponsored by MGID

“Saya baca surah pertama karena rasa penasaran akademis, bagi saya seperti Mazmur dalam Alkitab. Diawali seperti ini ‘dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’ segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, penguasa hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah’ dan seterusnya. Saya pikir oh ini himne puji-pujian seperti Mazmur,” kata Lang.

“Di bagian akhir saya sadar, kalimat akhirnya loncat jadi doa minta petunjuk. ‘Tunjukan kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat’. Penulis yang cerdas. Dia mengecoh saya untuk berdoa minta petunjuk, Orang yang cerdas. Tentu saja saya berasumsi Alquran buatan manusia,” sambungnya.

Baca Juga : VIDEO: Mahfud MD Bimbing Seorang ASN di Ternate Bersyahadat

Dikutip dari akun Facebook Ayatuna Ambassador, Lang kemudian membaca surat Al Baqarah. Ayat kedua surat ini berbunyi ‘Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya: petunjuk bagi mereka yang bertakwa.’ Lang merasa seperti sedang berdialog dengan pembuat Alquran hingga kagum dengan kitab suci umat Islam ini.

Sampailah Lang di ayat 30 surat Al Baqarah yang berisi tentang Allah yang hendak memberikan manusia tugas mulia. Ayat tersebut mengubah pendirian Lang, yang mana merasa ada kesalahan pada ayat ini.

“Saya langsung katakan ‘tidak, jelas penulisnya keliru’. Manusia diturunkan ke bumi bukan untuk menjalankan tugas mulia. Mereka diturunkan ke bumi sebagai hukuman karena dalam tradisi agama yang saya tinggalkan dulu, begitulah kisah ini disampaikan. Maka penulis Alquran pastilah keliru ketika dia mengulang kisah ini,” ujar Lang.

Baca Juga : VIDEO: Tunaikan Shalat Jumat Perdana, Begini Perasaan Deddy Corbuzier

Lang terus mencari tahu mengenai alasan diutusnya manusia ke bumi. Ia sangat tertarik akan hal itu. Terlebih ada sebuah pertanyaan dari malaikat kepada Allah, yang sama dengan pertanyaan yang membuat Lang menjadi seorang Atheis.

“Lalu para malaikat berkata, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana? Sementara kami bertasbih memuji Mu dan mensucikan nama Mu?’ membaca ayat itu, saya tidak bisa berpaling. Waktu itu saya merasakan amarah saya naik. Lihat apa yang dikatakan ‘Aku hendak memberikan peran mulia pada manusia’,” jelas Lang.

“Saya merasakan bahwa itu adalah pertanyaan saya, itu hidup saya, itu masa kecil saya. Semuanya dirangkum dalam 15 kata. Saya kaget,” lanjutnya.

Baca Juga : VIDEO: Tunaikan Shalat Jumat Perdana, Begini Perasaan Deddy Corbuzier

Lang terus membaca Alquran hingga mendapatkan jawaban. Pendirian sebagai seorang Atheis pun mulai luntur saat itu juga. Ia bahkan mengaku menangis selama 20 menit seperti bayi ketika selesai membaca surat

Usai membaca Alquran, Lang merasa cara pandangnya berubah. Ia terus mempelajari bagaimana hubungan seorang muslim dengan penciptanya, Allah SWT. Lang mendatangi mushola di kampung tempat ia mengajar dan terlibat dialog dengan mahasiswa muslim. Ia bertanya mengenai rasanya menjadi seorang muslim.

“Allah sungguh maha pengasih, kasih Allah melebihi kasih ibu pada bayinya. Kita tidak bisa apa-apa tanpa kehendak Allah. Ketika kita menghirup dan menghela nafas, itu atas kehendak-Nya. Ketika hendak melangkah, tidak bisa terjadi tanpa kehendak Allah,” papar Lang mengulangi perkataan mahasiswa muslim tersebut.

Baca Juga : VIDEO: Tunaikan Shalat Jumat Perdana, Begini Perasaan Deddy Corbuzier

“Telapak kaki tidak akan pernah menyentuh bumi lagi, kecuali atas izin-Nya. Ketika kami sholat, bersujud ke tanah, kami merasa tenang, tentram, dan khusuk, kesejukan yang mustahil digambarkan. Anda hanya perlu mengalaminya agar mengerti,” imbuhnya.

Hari itu juga Lang memutuskan untuk mengucap syahadat dan menjadi mualaf. Ia mengaku selama ini merasa seperti seseorang yang kehausan, dan kalimat syahadat menghilangkan rasa haus tersebut.

“Rasanya saya seperti orang yang kehausan selama bertahun-tahun. Setiap kata syahadat seperti ada orang yang meneteskan air ke tenggorokan yang kering, saya pun menjadi seorang muslim,” tandasnya.

Baca Juga : VIDEO: Tunaikan Shalat Jumat Perdana, Begini Perasaan Deddy Corbuzier

Jeffrey Lang menuliskan kisah perjalanan spiritualnya ini dalam beberapa buku. Di antaranya adalah Struggle to Surrender dan Even Angels Ask.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...