Logo Sulselsatu

Yayasan Hadji Kalla Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 22 Desember 2021 09:10

Yayasan Hadji Kalla simulasi bencana kebakaran di Minasa Upa (dok. Kalla)
Yayasan Hadji Kalla simulasi bencana kebakaran di Minasa Upa (dok. Kalla)

SULSELSATU.com, MAKASSARYayasan Hadji Kalla turut ikut dalam menyosialisasikan simulasi tanggap bencana kebakaran di Makassar.

Kegiatan tersebut hasil kerja sama dengan BPBD Kota Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran, Kantor PLN Wilayah Sulsel, dan juga Lembaga INANTA (Inovasi Ketahanan Komunitas) menggelar Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran Kota Makassar.

Sosialisasi berlangsung pada 20-21 Desember 2021 di Kelurahan Minasa Upa Makassar.

Baca Juga : 23 Disabilitas di Makassar Dapat Bantuan Peralatan Usaha dari Yayasan Hadji Kalla

Hidayat Sukardin mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberi apresiasi kepada Yayasan Hadji Kalla yang telah ikut berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana, melalui simulasi bencana kebakaran pemukiman padat.

Sponsored by MGID

Penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun membutuhkan dukungan dan peran serta organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat.

“BPBD Makassar dan Dinas Pemadam Kebakaran mencatat kejadian kebakaran di kota Makassar, dari Januari hingga Desember 2021, mencapai 133 kejadian dengan kerugian ditaksir mencapai kurang lebih 21,7 Milyar. Frekuensi kebakaran yang cukup tinggi ini tentunya menjadi pembelajaran untuk mewaspadai ancaman tersebut dengan strategi mitigasi dengan sosialisasi serta edukasi penanggulangannya,” pungkas Hidayat, Rabu, (22/12/2021)

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Beri Pelatihan Mitigasi Bencana di Kabupaten Luwu

Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair mengatakan, Yayasan Hadji Kalla berkomitmen untuk mendukung program kemanusiaan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial korporasi Kalla Group terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan yang saat ini kami selenggarakan bersama mitra kerja NGO Yayasan INANTA (Inovasi Ketahanan Komunitas), kiranya dapat memberikan kontribusi bagi penanggulangan bencana di Kota Makassar. Melalui pelatihan dan simulasi tanggap bencana kebakaran ini juga dapat mengedukasi serta mendesiminasi praktek penanggulangan ancaman kebakaran di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Pelaksaan simulasi tanggap kebakaran ini melibatkan perwakilan masyarakat Kecamatan Rappocini dan Mariso, dengan segresi keikutsertaan yang sama antara laki-laki dan perempuan serta tetap mengikuti prosedur adaptasi Covid-19. Diantaranya pembatasan makasimal 50 (lima puluh) peserta, wajib menggunakan masker saat tatap muka, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video28 Januari 2022 17:56
VIDEO: Penjelasan Lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto soal Perampasan Mobil
SULSELSATU.com – Berikut ini penjelasan lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Hambali terkait aksi heroik Kanit Tipidkor Polres Jeneponto,...
Makassar28 Januari 2022 15:44
Wujudkan Generasi #Cari_Aman, Honda Gelar Edukasi Safety Riding Bagi Pelajar SMA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mewujudkan generasi muda taat lalu lintas, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) gencar kampanyekan #Cari_Aman k...
Sulsel28 Januari 2022 14:26
Meniti Langkah PT Vale Menuju Masa Depan Hijau di Tanah Sulawesi
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen berkelanjutan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) tidak hanya tentang operasi tambang. Semakin ke sini, PT Val...
Sponsored by MGID
Berita Utama28 Januari 2022 14:10
Sejumlah Guru SMP Negeri 3 Binamu Jeneponto Datangi Polsek Binamu, Ini Tujuannya
SULSELSATU.com,Jeneponto – Sejumlah Guru SMP Negeri Jeneponto mendatangi Kantor Polsek Binamu di Kelurahan Panaikan, Kecamatan Binamu, Jumat pag...