Logo Sulselsatu

Sebanyak 499.376 Merchant di Sulsel Telah Menggunakan QRIS

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Sabtu, 25 Desember 2021 16:12

Implementasi QRIS di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar (istimewa)
Implementasi QRIS di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar (istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) mencatat penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS) di Sulsel hingga 17 Desember 2021 sebanyak 499.376 merchant.

Jumlah tersebut menjadikan Sulsel sebagai provinsi dengan jumlah merchant QRIS terbanyak di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Menempati urutan ke-7 secara nasional.

Dari 499.376 merchant QRIS di Sulsel, 82,95 persen atau 414.217 diantaranya merupakan para pelaku UMKM.

Baca Juga : Apresiasi Pelanggan, MaRI dan Nipah Bagi Voucer Belanja dan Berikan Berbagai Promo

Direktur BI Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko mengatakan, salah satu upaya mendorong penggunaan QRIS oleh masyarakat adalah pelaksanaan program pasar atau pusat perbelanjaan Sehat, Inovatif, Aman Pakai QRIS (S.I.A.P QRIS).

Sponsored by MGID

“Pada 15 November 2021, Walikota Makassar telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang menghimbau pasar dan pusat perbelanjaan di wilayah Kota Makassar untuk mengimplementasikan QRIS,” jelasnya, Sabtu, (25/12/2021).

QRIS kata Rudy, merupakan kanal pembayaran digital yang dapat digunakan oleh masyarakat, sama halnya seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC). QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Baca Juga : Timur Resto Buka di Nipah Mal, Sajikan Makanan Khas Indonesia Timur

Menurutnya, QRIS memberikan kemudahan dan manfaat bagi pengguna, baik kepada masyarakat umum maupun para pelaku usaha. Bagi masyarakat umum, QRIS menawarkan metode pembayaran yang aman dan terlindungi karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

“Transaksi pembayaran juga menjadi cepat, mudah, murah, dan efisien tanpa uang kembalian. Tidak kalah penting, transaksi pembayaran menjadi lebih higienis karena bisa dilakukan tanpa kontak fisik,” pungkasnya.

Bagi para pelaku usaha lanjutnya, cukup memiliki satu QR code saja untuk menerima transaksi pembayaran. Transaksi keuangan langsung tercatat, dan terbebas dari risiko uang palsu.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...