Logo Sulselsatu

Jokowi Geram, 2.078 Izin Tambang Dicabut

Asrul
Asrul

Kamis, 06 Januari 2022 14:29

Presiden Jokowi didampingi Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan LRT Jabodebek, Rabu (9/6/2021). (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi didampingi Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan LRT Jabodebek, Rabu (9/6/2021). (Foto: Biro Pers Setpres)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengambil sikap tegas terhadap izin-izin tambang di negeri ini.

Tak tanggung-tanggung, Jokowi langsung mencabut sebanyak 2.078 izin perusahaan penambangan minerba.

Alasannya, karena tak pernah menyampaikan rencana kerjanya serta tak menjalankan izin yang telah diberikan pemerintah.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tiba di Ukraina

“Hari ini sebanyak 2.078 izin perusahaan penambangan minerba kita cabut. Karena tidak pernah menyampaikan rencana kerja, izin yang sudah bertahun-tahun telah diberikan tetapi tidak dikerjakan, dan ini menyebabkan tersanderanya pemanfaatan SDA untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Jokowi saat konferensi pers tentang IUP, HGU, dan HGB di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/1/2022).

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar terjadi pemerataan, transparan, dan adil. Hal ini diperlukan untuk mengoreksi ketimpangan, ketidakadilan, dan kerusakan alam.

Karena itu, izin-izin pertambangan, kehutanan, dan juga penggunaan lahan negara pun terus dievaluasi secara menyeluruh.

Baca Juga : VIDEO: Siswa SMAN 7 Berau Bersuara Mirip Jokowi, Kemenparekraf RI Ikut Berkomentar

“Izin-izin yang tidak dijalankan, yang tidak produktif, yang dialihkan ke pihak lain, serta yang tidak sesuai dengan peruntukan dan peraturan, kita cabut,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan, perusahaan tambang yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri bisa mendapatkan sanksi. Bahkan, sanksi yang diberikan dapat berupa pencabutan izin usaha dan juga izin ekspor.

 Komentar

 Terbaru

Aneka30 Juni 2022 23:16
2 Peserta MTQ Kafilah Barru Lolos Tingkat Nasional
SULSELSATU.com, BARRU – Dua peserta kafilah Kabupaten Barru pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Sulawesi Selatan XXXII Kabupaten Bone b...
Video30 Juni 2022 22:16
VIDEO: Mobil Milik Warga di Takkalasi Barru Ludes Terbakar
  SULSELSATU.com – Sebuah mobil milik warga ludes terbakar di Takkalasi, Barru pada Rabu (29/06/22) malam. Dalam memperlihatkan kobaran api...
Politik30 Juni 2022 21:25
Hanura Sulsel Bersama Polda Sepakat Kawal Pemilu 2024 Berjalan Damai dan Demokratis
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemilu 2024 telah memasuki tahapan, agenda politik serentak ini akan digelar yakni Pilpres, Pileg, dan Pilkada di sel...
Ekonomi30 Juni 2022 20:49
Program Rehab BPJS Kesehatan, Solusi Pembayaran Bertahap Tunggakan Iuran Bagi Peserta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – BPJS Kesehatan memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ...