Logo Sulselsatu

Rapsel Ali Sebut BUMN Salah Satu Jalan Mengokohkan Ekonomi Umat

Asrul
Asrul

Selasa, 11 Januari 2022 11:33

Rapsel Ali Sebut BUMN Salah Satu Jalan Mengokohkan Ekonomi Umat

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Sulsel 1 Fraksi Partai NasDem Muhammad Rapsel Ali menyebut perusahaan BUMN menjadi salah satu alat dalam mengokohkan perekonomian umat di negeri ini.

Hal itu disampaikan Rapsel saat menggelar sosialisasi secara virtual di Kabupaten Kepulauan Selayar, bertajuk “Peran BUMN Untuk Pemberdayaan Umat” menggandeng KNPI Kepulauan Selayar sebagai pelaksana kegiatan, Selasa (11/1/2021).

Bertempat di Hotel Reyhan Kota Benteng, Sosialisasi kali ini dihadiri beberapa perwakilan organisasi Kepemudaan dan keagamaan dari Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca Juga : Rapsel Ali Sebut Kepemimpinan Arsjad Rasjid di Kadin Bisa Perkuat Ekonomi Daerah

Rapsel mengungkapkan, saat ini, Kementerian BUMN menjalin kolaborasi dengan semua pihak. Tak terkecuali organisasi kepemudaan dan keagamaan.

Sponsored by MGID

“Kolaborasi dengan organisasi-organisasi kepemudaan diyakini dapat mengakselerasi tumbuhnya perekonomian,” ujarnya.

Sebab, organisasi kepemudaan dan keagamaan yang menaungi pemuda dan umat, memiliki dukungan kekuatan multisektor. Yaitu kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan akademisi, kekuatan dunia usaha dan kekuatan media.

Baca Juga : Rapsel Ali Kunker di Makassar, Salurkan Bantuan Hingga Saksikan MoU ASDP dan KNPI Selayar

Menantu Wakil Presiden ini menjelaskan, secara garis besar, ada dua kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN saat ini. Pertama, untuk kembali merawat alam atau sustainability.

Sementara yang kedua, merawat manusianya dengan peningkatan kapasitas melalui bantuan pendidikan. Paling tidak, saat ini peran utama BUMN dalam pemberdayaan umat adalah untuk menanamkan AKHLAK, sesuai core value atau nilai dasarnya. AKHLAK sendiri adalah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Oleh karenanya, diingatkan Rapsel, pembangunan serta pemulihan ekonomi harus diiringi dengan pembangunan manusianya.

Baca Juga : Rapsel Ali Salurkan Bantuan Rp3,6 Miliar di Takalar, Jeneponto dan Selayar

“Dalam kata lain dampak pembangunan adalah menyeluruh. Bukan hanya ekonomi yang bersifat material, tetapi juga pembangunan nonmaterial yang bersifat spiritual, akhlak, sosial dan kebudayaan,” tutur Rapsel.

Kualitas SDM pelaku pembangunan pun sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi umat.Karena itu, pembangunan SDM mutlak diperlukan.

“Di sinilah letak fungsi dan peran BUMN sebagai perpanjangan tangan Negara, harus mampu memetakan semua potensi SDM dan sumber daya alam (SDA) untuk dikelola dengan maksimal, guna menciptakan kesejahteraan,” ucap Rapsel.

Baca Juga : Rapsel Ali Salurkan Bantuan Rp3,6 Miliar di Takalar, Jeneponto dan Selayar

Rapsel juga memandang, BUMN merupakan alat efektif untuk mendorong perekonomian umat. “Yaitu dengan mengedukasi masyarakat tentang peran penting ekonomi umat dalam ekonomi nasional,” bebernya.

“Saya meyakini, kewirausahaan yang dilakukan oleh umat, berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya ekonomi umat yang kokoh,” tegas Rapsel

Ditambahkannya, BUMN juga berperan dalam membangun sinergi. Yaitu dengan mensosialisasikan sinergi antara BUMN dengan berbagai sektor. Terutama, sektor keagamaan.

Baca Juga : Rapsel Ali Salurkan Bantuan Rp3,6 Miliar di Takalar, Jeneponto dan Selayar

Sebab itu, dalam konteks membangun ekonomi umat yang kuat dan memberi manfaat bagi banyak orang, maka patut terus didorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

“Di berbagai daerah misalnya, saya melihat perusahaan BUMN bersinergi dengan berbagai lapisan di masyarakat,” tutup Rapsel

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...