Logo Sulselsatu

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Sebut PT Vale Patut Jadi Percontohan Good Mining Practice

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 31 Januari 2022 19:57

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin dan CEO PT Vale, Febriany Eddy saat berkunjung ke area pascatambang PT Vale (dok. PT Vale)
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin dan CEO PT Vale, Febriany Eddy saat berkunjung ke area pascatambang PT Vale (dok. PT Vale)

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) untuk tetap memperhatikan lingkungan mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.

Ridwan Djamaluddin berkunjung ke area operasional PT Vale, pada Jumat-Sabtu (28-29 Januari 2022). Ridwan mengapresiasi komitmen PT Vale dalam beroperasi dan bisa tetap menjaga ekosistem sekitar.

Menurut Ridwan Djamaluddin, seluruh dunia yang mengkampanyekan penggunaan energi bersih itu harus disesuaikan dengan perusahaan masing-masing, jangan sampai dipaksa.

Baca Juga : Reklamasi Lahan Pasca Tambang, PT Vale Habiskan Rp350 Juta Per Hektare

“Kalau bagi PT Vale sudah menjadi valuenya PT Vale, misalnya PT Vale rela mengurangi keuntungannya demi pengunaan energi bersih, itu yang paling penting,” katanya, Senin, (31/1/2022).

Pihaknya melihat, sejauh ini perusahaan tambang yang konsisten pada penggunaan komitmen terhadapat EBT barulah PT Vale.

“Hebat menurut saya, kita baru dengar presentasinya bahwa peluang-peluang perusahaan tambang untuk mengurangi emisi karbon itu ada. Tadi sudah dipetakan juga di sektor-sektor mana saja itu bisa dilakukan. Dan sekali lagi yang paling penting itu dibuat berdasarkan skenario badan usaha itu sendiri. Dan, saya baru kali ini melihat di PT Vale yang komitmen menerapkan EBT,” katanya disela-sela kunjungan.

Baca Juga : VIDEO: Truk Listrik Tambang Pertama PT Vale di Blok Sorowako

Untuk itu, Ridwan Djamaluddin menyebutkan jika PT Vale memang sangat laik dijadikan contoh oleh perusahaan tambang lainnya sebagai perusahaan green mining.

Menurutnya, PT Vale salah satu tambang besar yang sejarahnya sudah panjang. Tentu PT Vale telah mempunyai visi dan value sendiri bahwa industri pertambangan ini selain membawa manfaat bagi generasi sekarang, juga harus menjadi tempat yang bermanfaat juga bagi generasi yang akan datang.

“Kita bisa melihat satu sisi kegiatan penambangan, disisi lain kita sudah mulai melihat penanganan pasca tambang atau reklamasi. Disini terlihat PT Vale sangat menjaga keseimbangan antara aktivitas keekonomian jangka panjang,” bebernya.

Baca Juga : Siap Menuju Pertambangan Rendah Karbon, PT Vale Hadirkan Truk Listrik Pertama di Blok Sorowako

“Sehingga ini salah satu contoh yang baik dan menjaga keseimbangan, agar kegiatan ekonomi yang membawa manfaat jangka pendek maupun kegiatan perlindungan yang sangat penting bagi generasi yang akan datang,” lanjutnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...