Logo Sulselsatu

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Sebut PT Vale Patut Jadi Percontohan Good Mining Practice

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 31 Januari 2022 19:57

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin dan CEO PT Vale, Febriany Eddy saat berkunjung ke area pascatambang PT Vale (dok. PT Vale)
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin dan CEO PT Vale, Febriany Eddy saat berkunjung ke area pascatambang PT Vale (dok. PT Vale)

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) untuk tetap memperhatikan lingkungan mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.

Ridwan Djamaluddin berkunjung ke area operasional PT Vale, pada Jumat-Sabtu (28-29 Januari 2022). Ridwan mengapresiasi komitmen PT Vale dalam beroperasi dan bisa tetap menjaga ekosistem sekitar.

Menurut Ridwan Djamaluddin, seluruh dunia yang mengkampanyekan penggunaan energi bersih itu harus disesuaikan dengan perusahaan masing-masing, jangan sampai dipaksa.

Baca Juga : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru

“Kalau bagi PT Vale sudah menjadi valuenya PT Vale, misalnya PT Vale rela mengurangi keuntungannya demi pengunaan energi bersih, itu yang paling penting,” katanya, Senin, (31/1/2022).

Pihaknya melihat, sejauh ini perusahaan tambang yang konsisten pada penggunaan komitmen terhadapat EBT barulah PT Vale.

“Hebat menurut saya, kita baru dengar presentasinya bahwa peluang-peluang perusahaan tambang untuk mengurangi emisi karbon itu ada. Tadi sudah dipetakan juga di sektor-sektor mana saja itu bisa dilakukan. Dan sekali lagi yang paling penting itu dibuat berdasarkan skenario badan usaha itu sendiri. Dan, saya baru kali ini melihat di PT Vale yang komitmen menerapkan EBT,” katanya disela-sela kunjungan.

Baca Juga : Formal Komitmen Siap Kolaborasi Bersama PT Vale Terkait Penyelesaian Konflik Tanamalia

Untuk itu, Ridwan Djamaluddin menyebutkan jika PT Vale memang sangat laik dijadikan contoh oleh perusahaan tambang lainnya sebagai perusahaan green mining.

Menurutnya, PT Vale salah satu tambang besar yang sejarahnya sudah panjang. Tentu PT Vale telah mempunyai visi dan value sendiri bahwa industri pertambangan ini selain membawa manfaat bagi generasi sekarang, juga harus menjadi tempat yang bermanfaat juga bagi generasi yang akan datang.

“Kita bisa melihat satu sisi kegiatan penambangan, disisi lain kita sudah mulai melihat penanganan pasca tambang atau reklamasi. Disini terlihat PT Vale sangat menjaga keseimbangan antara aktivitas keekonomian jangka panjang,” bebernya.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Mengedepankan ESG

“Sehingga ini salah satu contoh yang baik dan menjaga keseimbangan, agar kegiatan ekonomi yang membawa manfaat jangka pendek maupun kegiatan perlindungan yang sangat penting bagi generasi yang akan datang,” lanjutnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...