Logo Sulselsatu

Dinas PU Makassar Gelar Rakor Rencana Kegiatan Air Bersih dan Sanitasi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 03 Februari 2022 17:19

Rakor Dinas PU Kota Makassar (Ist)
Rakor Dinas PU Kota Makassar (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait rencana kegiatan air bersih dan sanitasi bidang prasarana dan bagunan pemerintah, di Ruang rapat Dinas PU Makassar, Kamis (3/2/2022).

Rakor tersebut dihadiri oleh Plt Kepala Bidang Prasarana Umum dan Bangunan Pemerintah Dinas PU Makassar Hajar Aswad, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan Staf Bidang Prasarana Bangunan Pemerintah Dinas PU Makassar.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas PU Makassar, Hamka Darwis mengatakan rakor tersebut bertujuan agar semua kegiatan fisik, khususnya dibidang sanitasi dan air bersih, agar bisa segera dilaksanakan.

Baca Juga : Ruas Hertasning-Aroepala Rusak, Pemkot: Iya-iya-iya Hanya Itu Respons Pemprov

“Demi tercapainya pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi masyarakat yang ada di sejumlah titik di Kota Makassar,” ujarnya

Hamka, mengatakan Dinas PU Makassar saat ini memfokuskan penyusunan dokumen-dokumen kegiatan fisik yang akan segera di rampungkan sebelum kegiatan fisik berjalan.

“Agar tertibnya administrasi, ini juga merupakan tindaklanjut dari pesan Ibu Kadis PU (Zuhaelsi Zubir) agar setiap kegiatan di Dinas PU kota makassar harus selalu memperhatikan administrasi sebelum kegiatan fisik berjalan,” terangnya.

Baca Juga : Dinas PU Makassar Kembalikan Kondisi dan Fungsi Jalan IPAL Losari

Rencananya, ada 5 titik pembangunam sarana air bersih di wilayah pinggiran dan pesisir kota makassar, dan 2 unit untuk wilayah kepulauan untuk pembangunan air siap minum. Sanitasi pembangunan tangki septik individual 5 titik, sementara rehab IPAL komunal 2 titik.

Kepala Dinas PU Kota Makassar Zuhaelsi Zubir menyampaikan agar setiap unit kerja lingkup Dinas PU senantiasa memperhatikan ketertiban administrasi sebelum kegiatan fisik berjalan.

“Ini lebih memudahkan setiap rencana kegiatan dan progres pembangunan kedepan, jadi kami harus mengutamakan tertib administrasi sebelum kegiatan fisik dilaksanakan,” jelasnya

Baca Juga : Dinas PU Makassar Beberkan Poin Penting Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Diketahui, titik pembangunan sarana air bersih di wilayah pinggiran dan pesisir Kota Makassar diantaranya: 1 titik di Kelurahan Bira, 2 di Kelurahan Buloa, 1 di Kelurahan Buntusu, 4 di Kelurahan Kaluku bodoa, dan 5 di Kelurahan Paccerakkang. Untuk pulau, 1 titik di pulau barrang lompo dan 2 pulau lumu-lumu.

Sementara, untuk pembangunan sanitasi tangki septik individual yakni, 1 di kelurahan Pattingalloang, 2 di Kelurahan Gusung, 3 di Kelurahan Cambayya, 4 Kelurahan Layang dan 5 di Kelurahan Bara-baraya selatan. Kemudian Rehab IPAL komunal, 1 di Kelurahan Batua, 2 di Kelurahan Tamparangkeke.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...