Logo Sulselsatu

Wakil Ketua Komisi 4 Rusdi Masse Jemput Aspirasi Nelayan Sulsel di Makassar

Asrul
Asrul

Selasa, 15 Maret 2022 00:22

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Komisi 4 DPR RI Rusdi Masse bersama pimpinan dan anggota Komisi B DPRD Sulsel di Kafe Papa Ong, Senin (14/3/2022) malam.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPD HNSI Sulsel Andi Heril, Ketua Komisi B DPRD Sulsel A Rachmatika Dewi, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, anggota DPRD Makassar Ray Suryadi beserta sejumlah legislator Sulsel.

Andi Heril dalam kesempatan itu mengatakan ada tiga hal yang disampaikan ke Rusdi Masse terkait permasalahan yang dihadapi sejumlah nelayan di Sulsel.

Baca Juga : Usai Antar NasDem Raih Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif Kini Bidik Kursi Bupati Sidrap

“Pertama, masalah pelayanan operasional kapal di laut. Karena banyak pelabuhan di Makassar tidak ada pelayanan, termasuk Paotere (Makassar). Kedua, nelayan yang ada di pulau yang jaraknya jauh dari pelabuhan, kami minta ada kebijakan dari pemerintah pusat agar penerbitan suratnya cukup kepala desa yang fasilitasi, karena kalau jauh butuh berapa lama untuk tiba di Makassar,” jelas Heril.

“Ketiga, masalah sulitnya nelayan mendapatkan BBM seperti solar. Nah, itu kan misalnya di Pulau Satanger (Pangkep) satu liter harganya Rp20 ribu, bagus kalau ada solarnya. Harapan kita ini bisa diperjuangkan oleh Pak Rusdi agar bisa disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan,” sambung dia.

Baca Juga : NasDem Berhasil Rebut Ketua DPRD Sulsel dan 10 Kabupaten Kota

Menanggapi itu, Rusdi Masse menjelaskan aspirasi nelayan ini akan dia perjuangkan di pusat. Misalnya, persoalan perlunya ada asuransi bagi nelayan.

“Nelayan di Sulsel ini kan banyak, kita berharap jatah untuk asuransi nelayan bisa ditambah. Hal lain lagi, soal pengurusan administrasi Surat Persetujuan Berlayar (SPB), banyak nelayan masuk di Paotere, sementara pelayanannya hanya di Untia. Bagaimana supaya pihak KKP ini membuka ruang agar ada pelayanan di Pelabuhan Paotere,” jelas Rusdi Masse.

Ketua DPW NasDem Sulsel itu mengungkapkan pihaknya di Komisi 4 DPR RI akan menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan di Senayan.

Baca Juga : Kepemimpinan Rusdi Masse dan Syaharuddin Alrif Mampu Menangkan NasDem di Sulsel

“29 Maret nanti ada RDP dengan KKP, maka inilah yang akan kita sampaikan ke pihak kementerian,” tutur mantan Bupati Sidrap dua periode tersebut.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...