Logo Sulselsatu

Kadis Damkar Imbau Pemudik Waspada Kebakaran Sebelum Tinggalkan Rumah

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 30 April 2022 22:36

Kadis Damkar Imbau Pemudik Waspada Kebakaran Sebelum Tinggalkan Rumah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar Sulawesi Selatan Muhammad Hasanuddin mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran sebelum meninggalkan rumah guna menghindari musibah.

“Imbauan ini sebagai bentuk menjaga kewaspadaan dan antisipasi untuk mencegah terjadinya kebakaran di wilayah kita, terutama pada momen libur dan cuti panjang lebaran tahun ini,” kata Hasanuddin di Makassar, Sabtu, (30/04/2022).

Ia mengatakan selain rumah tinggal, tempat perkantoran, restoran, rumah makan, warung kopi dan tempat usaha lain yang hendak ditinggalkan agar tetap memperhatikan hal-hal sekecil apapun yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

“Kita selaku masyarakat sosial yang hidup berdampingan, harus tetap meningkatkan kewaspadaan akan adanya bahaya yang mengintai,” ucapnya menegaskan.

Hal-hal yang perlu diwaspadai dan bisa berpotensi kebakaran, kata dia, seperti tidak lupa mematikan perangkat elektronik, peralatan dapur seperti gas, kompor, lilin, puntung rokok, obat nyamuk bakar dan kegiatan pembakaran sampah yang tidak diawasi.

Ia terus mengingatkan warga kota yang hendak meninggalkan rumah tinggal untuk pergi mudik ke kampung halamannya maka wajib memperhatikan atau memastikan keamanan rumahnya, seperti mengecek peralatan listrik, kompor dan tabung gas apakah sudah dalam keadaan aman.

“Sebaiknya lampu rumah saat ditinggal mudik dinyalakan seperlunya saja dan tidak kalah pentingnya untuk berkomunikasi melaporkan ke perangkat RT/RW, tetangga, satpam untuk diketahui bahwa rumah akan ditinggal beberapa waktu,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar juga selalu siaga 24 jam untuk mengamankan kota dari berbagai bencana.

Saat ini sudah disiapkan beberapa titik sebaran armada dan personil dengan peningkatan kesiapsiagaan.

Himbauan terakhir untuk seluruh warga kota agar selalu menyimpan nomor panggilan darurat layanan pemadam kebakaran Kota Makassar, melalui nomor hot line 0811410113 bisa lewat Whatsapp ataupun telepon langsung.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar01 Februari 2023 23:31
Mengenal Apa itu Tokomoditi? Program Pemkot Makassar untuk Kendalikan Inflasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali menggagas inovasi Tokomoditi yang rencanaya di tempatkan di sejumlah kelurah...
Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...