Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Bersama Kagama Kerja Sama Hadirkan Desa Inklusif

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Sabtu, 07 Mei 2022 19:40

Pemkab Gowa dan Kagama kerja sama mencanangkan desa inklusif di Kabupaten Gowa (Pemkab Gowa)
Pemkab Gowa dan Kagama kerja sama mencanangkan desa inklusif di Kabupaten Gowa (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) kerja sama mencanangkan desa inklusif di Kabupaten Gowa.

Kerja sama ditandai dengan pendandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, Ganjar Pranowo di Kampung Rewako, Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga, Sabtu, (7/5/2022).

Bupati Adnan menyambut baik kerja sama ini. Ia menilai bahwa dengan adanya kerja sama desa inklusif ini akan membantu pemerintah daerah untuk memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Terpilih Jadi Ketua ORDA Sulsel, Adnan Bangun Kekompakan dan Kebersamaan Bersama Anggota

“Ini kami tentu sangat menyambut baik apa pun bentuk kerja sama yang akan memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka Pemkab Gowa akan selalu siap dan hadir melakukan kerja sama dengan Kagama,” ujar Adnan.

Apalagi kata Adnan, untuk memajukan daerah khususnya desa dibutuhkan kerja sama dari semua pihak termasuk Kagama. Yang dibutuhkan adalah kerja sama kekompakan dan seluruh pihak yang ada untuk bisa bersama-sama memajukan desa dan menyejahterakan masyarakatnya.

Lanjut Adnan, dirinya menjelaskan dengan adanya kerja sama ini, ke depan Kagama akan melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap desa-desa yang ditunjuk sebagai desa inklusif. Sehingga apa yang menjadi potensi desa tersebut bisa dimaksimalkan seperti pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga : Pimpin Orari Sulsel Secara Aklamasi, Adnan Disebut Ketua Orda Termuda di Indonesia

“Sehingga semua permasalahan-permasalahan yang ada bisa teratasi dan diselesaikan. Salah satunya yang menjadi PR kita bersama adalah bagaimana meningkatkan SDM kepala desa, karena kita tahu bahwa kemampuan kepala desa itu berbeda-beda sehingga BUMDesnya lebih bagus,” lanjut Adnan.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, Ganjar Pranowo mengatakan, desa inklusif ini yaitu bagaimana dalam setiap pembagunan desa semua ikut terlibat. Misalnya dalam kegiatan musyawarah semua harus ikut berpartisi mengeluarkan aspirasi dan berpendapat.

“Musyawarah di sebuah desa dibutuhkan partisipasi. Itulah inklusifitas yang akan kita bangun,” ucapnya.

Baca Juga : Adnan Harap Prajurit Divif 3 Kostrad Tanamkan Karakter Tiga Pahlawan Nasional Asal Gowa

Gubernur Jawa Tengah ini berharap desa inklusif yang dilaunching di Kabupaten Gowa bisa berjalan dengan baik. Dirinya juga menyambut baik launching desa inklusif di Kabupaten Gowa ini karena dihadiri oleh seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Mudah-mudahan Desa Inklusif yang ada disini membawa praktik-praktik baik dan ini baru pertama kita ketemu di Desa Inklusif yang OPD, Kadesnya kumpul. Saya titip teman-teman Kagama, dampingi terus. Kita berharap Desa Inklusif ini mulai dari Gowa untuk seluruh Indonesia,” harapnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi17 Mei 2022 17:38
Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB
  SULSELSATU.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus konsisten mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk...
Olahraga17 Mei 2022 17:34
Rivky Mokodompit Kembali ke PSM Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rivky Mokodompit kembali ke PSM Makassar. Ia akan mengisi posisi penjaga gawang yang ditinggalkan Hilmansyah dan Syai...
Video17 Mei 2022 16:07
VIDEO: Viral, Bocah Ini Nangis Gegara Tidak Ada Fotonya Di Album Pernikahan Orang Tuanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang ibu bersama anaknya tengah melihat-lihat album foto pernikahannya. Bocah tersebut tampak me...
Pendidikan17 Mei 2022 15:53
Pastikan Tes UTBK SBMPTN Berjalan Lancar, Rektor UNM Sebut Peminat Tahun Ini Meningkat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, bersama jajaran pimpinan dan panitia pelaksana Ujian Tul...