Logo Sulselsatu

Pimpin Upacara Hardiknas 2022, Adnan: Kualitas Pendidikan Penentu Peningkatan Mutu SDM

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 13 Mei 2022 18:06

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mempimpin upacara Hardiknas 2022 di Kantor Bupati Gowa (Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mempimpin upacara Hardiknas 2022 di Kantor Bupati Gowa (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Kemajuan suatu bangsa maupun daerah sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Siapa yang membangun SDM maka daerah tersebut akan menjadi daerah yang tercepat dalam pembangunan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan hal tersebut saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jumat (13/5/2022).

“Momentum Hardiknas ini adalah menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk peningkatan SDM yang ada di Kabupaten Gowa. Kita selalu meyakini bahwa kalau kita mau melihat kemajuan suatu daerah maka lihatlah pendidikan hari ini,” ujar Adnan.

Baca Juga : Adnan Harap Program Dana Hibah Kemdikbud Ristek Bantu Permasalahan Pendidikan Hingga ke Daerah

Lanjut Adnan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan perbaikan di bidang pendidikan. Dirinya menyebutkan, di Kabupaten Gowa sendiri memiliki sejumlah program dibidang pendidikan sebagai upaya untuk melahirkan SDM yang baik dan unggul sekaligus menjadikan Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan.

Diantaranya, program Investasi Seperempat Abad yaitu pemberian beasiswa bagi siswa siswi berprestasi yang di Kabupaten Gowa untuk kuliah di perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang telah bekerja sama dengan Pemkab Gowa.

“Kita juga berharap mudah-mudahan momentum Hardiknas ini mengokohkan kembali kekompakan dan kebersamaan kita untuk mewujudkan Gowa menjadi Kabupaten Pendidikan di masa yang akan datang,” harap Adnan.

Baca Juga : Terpilih Jadi Ketua ORDA Sulsel, Adnan Bangun Kekompakan dan Kebersamaan Bersama Anggota

Selain itu, Adnan yang membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah membuat Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini sebagai upaya agar bisa tetap belajar di masa pandemi Covid-19.

“Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Ini berarti bahwa anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa juga menyerahkan Satya Lencana kepada 3 orang perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang pendidikan yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Baca Juga : Pimpin Orari Sulsel Secara Aklamasi, Adnan Disebut Ketua Orda Termuda di Indonesia

Penyerahan penghargaan kepada SDN Pao-Pao sebagai sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan dan Kemneterian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Penghargaan kepada SMP Negeri 2 Barombong Sekolah terbaik tingkat SMP sebagai Sekolah Unggulan Himpunan Penggiat Adwiyata Indonesia (HPAI) Idea Competition 2021. Kemudian penghargaan kepada 4 orang siswa SMP IT Alfityan School Kabupaten Gowa yang berhasil mendapat juara pada lomba tingkat Nasional dan Internasional.

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama20 Mei 2022 20:49
Seorang Guru di Jeneponto Mengaku Korban Arogansi Oknum Kepsek di Jeneponto
SULSELSATU.com, Jeneponto – Seorang Guru Bantu di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Yulianti Yudin, mengaku menjadi korban dugaan Arogansi K...
Makassar20 Mei 2022 20:37
Sekda Kota Makassar Buka Pelatihan Prajabatan CPNS Tahun 2021
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, secara resmi membuka pelatihan dasar (Latsar) Prajabatan CPNS Form...
Berita Utama20 Mei 2022 19:24
Digugat Pelanggaran Hak Cipta, Pegadaian Ungkap Sejarah Hingga Izin Tabungan Emas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pegadaian (Persero) digugat atas pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas senilai Rp322,5 miliar. PT Pegadaian ...
Video20 Mei 2022 19:03
VIDEO: Pura-pura Tanya Alamat, Seorang Ibu-ibu Jadi Korban Perampasan Kalung oleh Dua Pencuri
SULSELSATU.com – Seorang ibu-ibu jadi korban penjambretan kalung oleh dua pencuri yang berpura-pura menanyakan alamat. Korban tersebut diketahui...