Logo Sulselsatu

Pimpin Upacara Hardiknas 2022, Adnan: Kualitas Pendidikan Penentu Peningkatan Mutu SDM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 13 Mei 2022 18:06

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mempimpin upacara Hardiknas 2022 di Kantor Bupati Gowa (Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mempimpin upacara Hardiknas 2022 di Kantor Bupati Gowa (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Kemajuan suatu bangsa maupun daerah sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Siapa yang membangun SDM maka daerah tersebut akan menjadi daerah yang tercepat dalam pembangunan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan hal tersebut saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jumat (13/5/2022).

“Momentum Hardiknas ini adalah menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk peningkatan SDM yang ada di Kabupaten Gowa. Kita selalu meyakini bahwa kalau kita mau melihat kemajuan suatu daerah maka lihatlah pendidikan hari ini,” ujar Adnan.

Baca Juga : Bupati Gowa Raih Penghargaan Role Model Kepala Daerah dari Kajati Sulsel

Lanjut Adnan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan perbaikan di bidang pendidikan. Dirinya menyebutkan, di Kabupaten Gowa sendiri memiliki sejumlah program dibidang pendidikan sebagai upaya untuk melahirkan SDM yang baik dan unggul sekaligus menjadikan Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan.

Diantaranya, program Investasi Seperempat Abad yaitu pemberian beasiswa bagi siswa siswi berprestasi yang di Kabupaten Gowa untuk kuliah di perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang telah bekerja sama dengan Pemkab Gowa.

“Kita juga berharap mudah-mudahan momentum Hardiknas ini mengokohkan kembali kekompakan dan kebersamaan kita untuk mewujudkan Gowa menjadi Kabupaten Pendidikan di masa yang akan datang,” harap Adnan.

Baca Juga : Selamat! Bupati Adnan Terpilih Pimpin Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel

Selain itu, Adnan yang membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah membuat Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini sebagai upaya agar bisa tetap belajar di masa pandemi Covid-19.

“Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Ini berarti bahwa anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa juga menyerahkan Satya Lencana kepada 3 orang perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang pendidikan yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Baca Juga : Terbuka dan Aktif Kerja Sama dengan Media, Bupati Adnan Raih SMSI Sulsel Award 2023

Penyerahan penghargaan kepada SDN Pao-Pao sebagai sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan dan Kemneterian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Penghargaan kepada SMP Negeri 2 Barombong Sekolah terbaik tingkat SMP sebagai Sekolah Unggulan Himpunan Penggiat Adwiyata Indonesia (HPAI) Idea Competition 2021. Kemudian penghargaan kepada 4 orang siswa SMP IT Alfityan School Kabupaten Gowa yang berhasil mendapat juara pada lomba tingkat Nasional dan Internasional.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...