Logo Sulselsatu

Adnan Harap Program Dana Hibah Kemdikbud Ristek Bantu Permasalahan Pendidikan Hingga ke Daerah

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Selasa, 17 Mei 2022 19:43

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) (Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, JAKARTABupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menilai satu dari banyak permasalahan yang terus menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) secara merata melalui pendidikan yang berkualitas.

Dirinya pun menyambut baik program Kemitraan Pemerintah Daerah & Kampus melalui program Dana Hibah Kedaireka yang digelontorkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) senilai Rp1-2 triliun.

“Kualitas SDM menjadi hal yang sangat mendasar untuk kemajuan bangsa maupun daerah di masa yang akan datang,” katanya saat memberikan sambutan mewakili Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Sosialisasi Kemitraan Pemerintah Daerah dan Kampus di Gedung D, Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek, Jalan Jend. Sudirman Pintu Satu, Senayan Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga : Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman

Menurutnya, kualitas SDM sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global. Apalagi, sekarang ini, kita terus menghadapi dunia yang sangat dinamis, penuh resiko dan sangat kompetitif.

Olehnya itu, dirinya sangat mendukung penuh Kemitraan Pemerintah Daerah dan Kampus melalui program Dana Hibah Kedaireka Rp1-2 Triliun Tahun 2023 ini.

Ia mengaku, sinergi dari semua elemen bangsa untuk membangun negeri sangat diperlukan. Salah satunya pada sinergi dengan perguruan tinggi yang memiliki banyak inovasi bagi daerah.

Baca Juga : Dinilai Jadi Garda Terdepan Pemerintahan, Bupati Gowa Harap Kebijakan Penghapusan Honorer Ditunda

Adnan menambahkan, APKASI adalah organisasi yang dibentuk, dirumuskan, dan dicita-citakan oleh semangat reformasi untuk menjadikan otonomi daerah sebagai suatu jawaban bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Tugas dan fungsi APKASI adalah menjadi mitra kritis dan strategis pemerintah dalam menyusun kebijakan nasional, menjadi fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat serta bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi program yang dapat bermanfaat bagi daerah serta untuk kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...