Logo Sulselsatu

Kick Off Program Desa Antikorupsi di Gowa, Bupati Adnan Optimis Desa Pakatto akan Jadi Desa Antikorupsi di Indonesia

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Selasa, 07 Juni 2022 20:10

Kick off Program Percontohan Desa Antikorupsi di Desa Pakatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa (dok. Pemkab Gowa)
Kick off Program Percontohan Desa Antikorupsi di Desa Pakatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Kick Off program Desa Antikorupsi berlangsung di Desa Pakatto Kabupaten Gowa. Desa Antikorupsi ini merupakan program dari KPK RI untuk mencegah tindak pidana korupsi yang dimulai dari desa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan optimis Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) akan ditetapkan sebagai salah satu percontohan Desa Antikorupsi di Indonesia.

Adnan mengatakan, terpilih sebagai salah satu desa calon percontohan Desa Antikorupsi di Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Pemerintah akan terus mengawal Desa Pakatto agar bisa lolos mejadi Desa Antikorupsi.

Baca Juga : Gowa Satu-Satunya Kabupaten di Sulsel Masuk Program Kampung Iklim dari KLHK RI

“Tentu kami sangat berterimakasih dan rasa bangga atas ditunjuknya Gowa sebagai salah satu desa percontohan antikorupsi bersama sembilan desa lainnya di Indonesia. Pemerintah akan mendukung penuh untuk menjadikan Pakatto sebagai pilot project,” ungkapnya.

Adnan tak menampik, salah satu kendala yang dihadapi Desa Pakatto ini yakni terbatasnya SDM dan anggaran yang tidak bisa menutupi seluruh kegiatan. Untuk itu, peran pemerintah sangat dibutuhkan agar kendala tersebut bisa diatasi.

“Memang Desa Pakatto ini mengalami keterbatasan anggaran dan SDM yang kurang. Kedua hal ini kita siap untuk backup penuh dengan menurunkan SKPD terkait khussunya melalui Dinas PMD dan lainnya, dan kegiatan yang tidak bisa ditanggung oleh dana desa akan ditanggung oleh APBD Kabupaten,” tambahnya.

Baca Juga : Upayakan Pemerataan Kualitas Pendidikan, 200 Guru di Gowa Ikuti Program Guru Binar

Ia berharap setelah kick off hari ini yang kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis dan penilaian, dan Desa Pakatto bisa ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi dan menyebarkan virus positif bagi desa-desa lainnya.

“Mudah-mudahan setelah ini, Desa pakatto menjadi virus positif untuk desa-desa yang lain, karena jika kita terpilih maka desa lain cukup datang ke Desa Pakatto untuk meniru apa yang dilakukan oleh Desa Pakatto ini,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara, Ketua KPK RI, Firli Bahuri mengatakan, peran desa terhadap pencegahan korupsi memang sangat penting. Pasalnya dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat harus digunakan untuk membangun desa itu sendiri.

Baca Juga : Desa Kanjilo Kabupaten Gowa Dicanangkan Jadi Desa Bersinar, Bupati Adnan Harap Bangun SDM Bebas Narkoba

“Kita sangat memahami begitu penting peran desa terhadap pencegahan korupsi. KPK sangat prihatin terhadap kejadian yang menimpa kepala desa maupun perangkat desa terhadap perkara korupsi. Sehingga kami berperan agar tidak terjadi tindak pidana korupsi karena itu kita melakukan berbagai upaya salah satunya melalui pembentukan desa antikorupsi ini,” katanya.

Firli berpesan, agar dalam menyusun rencana kerja desa harus paham betul bentuk pertanggungjawaban dan penggunaan anggaran desa itu sendiri.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...