Logo Sulselsatu

Rumah Restorative Juctice Kerjari Gowa Diharap Dapat Minimalisir Permasalahan Hukum di Gowa

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 16 Juni 2022 18:01

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat sambutan dalam peresmian Rumah Restorative Juctice di Saung Kampung Rewako (dok. Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat sambutan dalam peresmian Rumah Restorative Juctice di Saung Kampung Rewako (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa menghadirkan Rumah Restorative Juctice. Peresmian berlangsung di Saung Kampung Rewako, Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga, Senin (13/6/2022) lalu.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat sambutan dalam peresmian di Saung Kampung Rewako mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyambut baik hadirnya Rumah Restorative Juctice.

Menurutnya, ini akan membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum yang sifatnya kecil yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Gowa Satu-Satunya Kabupaten di Sulsel Masuk Program Kampung Iklim dari KLHK RI

Apalagi Kata Adnan, Kabupaten Gowa merupakan kabupaten terluas kedua dan penduduk terbanyak ketiga di Sulawesi Selatan. Sehingga tingkat dan potensi permasalahan juga tinggi dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

“Dengan kehadiran Rumah Restorative Juctice membuat Kabupaten Gowa yang tingkat permasalahnnya dapat diminimalisir. Insya Allah kalau dapat diminimalisir, maka akan menaikkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Gowa,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan, dalam menyelesaikan permasalahan atau perkara memang dibutuhkan suasana yang tenang, nyaman, asri dan indah seperti Rumah Restorative Juctice yang ada di Kampung Rewako, Desa Je’netallasa, Kecamatan Pallangga.

Baca Juga : Upayakan Pemerataan Kualitas Pendidikan, 200 Guru di Gowa Ikuti Program Guru Binar

Selain itu, Sekjen APKASI ini mendorong Rumah Restorative Juctice seperti ini bisa hadir di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa, sehingga pelayanan hukum kepada masyarakat kedepen bisa semakin baik di Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, R Febrytrianto mejelaskan, Rumah Restorative Juctice ini bertujuan untuk mengembalikan seperti keadaan semula baik di luar pengadilan dan penegakan hukum. Menurutnya, tidak semua permasalahan di masyarakat harus diselesaikan di pengadilan atau di penegakan hukum.

Olehnya itu, dirinya berharap keberadaannya bisa dimanfaatkan dengan baik. Utamanya jika ada masalah-masalah kecil di masyarakat harus bisa diselesaikan di Rumah Restorative Juctice.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...