Logo Sulselsatu

Gandeng UMI, Pemkab Gowa Siap Lanjutkan Program Beasiswa Seperempat Abad

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 23 Juni 2022 15:16

Kerja sama Pemkab Gowa dengan UMI Makassar untuk program Investasi SDM Seperempat Abad (dok. Pemkab Gowa)
Kerja sama Pemkab Gowa dengan UMI Makassar untuk program Investasi SDM Seperempat Abad (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan penandatangan kesepakatan bersama dalam rangka menindaklanjuti program beasiswa Investasi SDM Seperempat Abad.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kerja sama ini berkaitan dengan penelitian, pengabdian pada masyarakat serta pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Gowa.

“Ini juga bagian tindaklanjut dari program peningkatan SDM Kabupaten Gowa yaitu program Investasi SDM Seperempat Abad,” kata orang nomor satu di Gowa ini dalam sela penandatanganan kerja sama di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI, Makassar, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga : Gowa Satu-Satunya Kabupaten di Sulsel Masuk Program Kampung Iklim dari KLHK RI

Adnan menjelaskan, implementasi program ini nantinya diterapkan dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak desa yang dinilai cukup berprestasi. Nantinya, pemerintah akan melibatkan universitas terbaik yang ada di Sulawesi Selatan (Sulsel), salah satunya itu adalah UMI yang kemudian dibiayai oleh pemerintah.

“Kita berharap dengan adanya kerja sama ini, kualitas SDM kita di Kabupaten Gowa semakin baik di masa yang akan datang. Karena kalau kita mau lihat kemajuan daerah bangsa dan negara, maka lihatlah SDMnya,” ungkapnya.

Sementara untuk penelitian dan pengabdian masyarakat nanti, mahasiswa dari UMI akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ataupun Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Beri Beasiswa Kepada Mahasiswa Berprestasi Asal Kabupaten Gowa di Universitas Indonesia

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Emy Pratiwi Hosen menjelaskan, setelah penandatanganan ini akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama khusunya berkaitan dengan program Investasi SDM Seperampat Abad.

“Kesepakatan bersama ini kemudian akan kita tindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama terutama program peningkatan SDM yaitu program Investasi SDM Seperempat Abad. Ini yang sementara kita rampungkan,” tambahnya.

Rektor UMI, Prof Basri Modding dalam sambutannya mengatakan di usia ke-68 ini, UMI Makassar akan trus melakukan pengelolaan universitas berstandar asia dan berkelas dunia, sehingga diharapkan dapat melahirkan SDM yang berdaya saing tinggi dengan karakter ke-UMI-an.

Baca Juga : Upayakan Pemerataan Kualitas Pendidikan, 200 Guru di Gowa Ikuti Program Guru Binar

“Semoga kedepan dengan kekuatan jamaah dan berkat bimbingan dan petolongan Allah SWT, dan do’a dari kita semua, UMI dan seluruh lembaga dalam lingkup Yayasan Waqaf UMI dapat lebih maju, mengembangkan diri dan memberi manfaat dalam menghasilkan SDM yang berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul karimah serta berdaya saing tinggi,” harapnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...