Logo Sulselsatu

Bersama BRIN, Muhammad Fauzi Bekali Guru SMA Lutra Soal Penulisan Ilmiah

Asrul
Asrul

Minggu, 26 Juni 2022 18:06

istimewa
istimewa

 

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Anggota DPR RI Dapil Sulsel III Muhammad Fauzi memberi sambutan dan membuka pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi guru SMA di Luwu Utara yang digelar oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) via zoom, Minggu (26/6/2022).

Sejumlah pemateri dari pihak BRIN memberi pembekalan langsung kepada 75 peserta di Hotel Bukit Indah Masamba, Luwu Utara.

Baca Juga : Pengurus Masjid di Lutra Jadi Korban Penipuan, Abang Fauzi Minta Dilaporkan ke Polisi

Anggota Fraksi Golkar Muhammad Fauzi mengatakan, program ini merupakan aspirasi dari Komisi VII DPR RI. Meski ditugaskan hanya sekitar 3 pekan di komisi tersebut, Fauzi mampu memperjuangkan agar guru-guru di Luwu Utara bisa mendapat pelatihan penulisan ilmiah.

“Politik itu berkaitan dengan semua aspek kehidupan. Tidak melulu soal pemilu atau pilkada. Kualitas tenaga pendidik juga tidak lepas dari pendekatan dan kebijakan politik,” terang Fauzi.

Suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani itu mengatakan, tenaga pendidik perlu untuk terus mengasah kompetensinya melalui karya ilmiah.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Harap Kenyamanan dan Keamanan Mudik Lebaran 2024 Bisa Lebih Baik

“Semoga pelatihan ini akan meningkatkan kapasitas guru dan menularkan kepada rekan sejawat dan siswanya. Sehingga lahir generasi yang akrab dengan penetilian dan pengembangan,” katanya.

Fauzi memaparkan, pada tahun 2020 publikasi ilmiah dan hak paten dari Tanah Air sudah menempati urutan pertama di ASEAN sebanyak 46.000 publikasi. Namun, meski publikasi mengalami kenaikan dalam 5 tahun terakhir, belum berkorelasi langsung pada peningkatan inovasi.

Semestinya, kata Fauzi, peningkatan publikasi ilmiah linier dengan banyaknya inovasi yang lahir. “Pada 2020 misalnya, jumlah publikasi kita memang nomor satu ASEAN, tapi inovasi berada di urutan 6,” jelas Fauzi.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Akun Palsu Mirip Dirinya di Medsos

“Kita apresiasi jumlah publikasi ilmiah kita sejauh ini. Tapi kita masih bisa lebih baik. Publikasi ilmiah harus mampu memberi dampak di lingkungan masyarakat tentunya dengan berbagai invovasi yang nyata,” harapnya.

Hadir langsung dalam pelatihan tersebut Koordinator Pelaksana Fungsi Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Zulfan Adrinaldi serta Peneliti Ahli Madya BRIN yang juga narasumber Sukma Surya dan Kusumah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....