Logo Sulselsatu

Tiga Politisi Perempuan Golkar Sulsel Potensial Bertarung di Pilkada 2024

Asrul
Asrul

Senin, 25 Juli 2022 14:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah politisi perempuan dinilai memiliki potensi dalam perpolitikan di Sulawesi Selatan khususnya dalam menghadapi Pemilukada 2024 mendatang.

Salah satu partai yang dipandang memiliki stok politisi perempuan adalah Golkar, partai ini disebut-sebut pemilik kader perempuan potensial dalam perpolitikan.

Direktur Profetik Institute Asratillah menjelaskan konteks Sulawesi Selatan, banyak perempuan yang terlibat secara langsung dalam gelanggang politik praktis. Walaupun memang jumlah politisi perempuan masih kalah jauh dibanding jumlah politisi laki-laki di Sulsel. Namun secara umum ada peningkatan partisipasi politik perempuan di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Alasan Keluarga Penyebab Debbie Rusdin Tak Lagi Maju Caleg

Salah satu parpol yang memiliki banyak stok politisi perempuan adalah Partai Golkar, para politisi ini tidak sekedar aktif dalam aktivitas-aktivitas kepartaian, tetapi memiliki peran strategis dalam pentas politik, selain itu mereka juga aktif dalam merawat dan memperbesar basis elektoralnya.

“Ibu Andi Ina Kartika, kini menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel misalnya, yang sampai detik ini aktif menyerap aspirasi masyarakat, bahkan beliau digadang-gadang berpotensi mengisi posisi-posisi politik strategis di masa depan, semisal beliau diisukan sebagai salah satu bakal calon kuat Bupati Barru di Pilkada 2024 mendatang,” ujar Asratillah, Senin (25/7/2022).

“Di Golkar juga ada nama ibu Indah Putri Indrayani yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Luwu Utara,” tambahnya.

Baca Juga : 9 Petahana Golkar Kembali Nyaleg ke DPRD Sulsel, Berikut Komposisinya

Bahkan Indah merupakan salah satu politisi perempuan, yang cukup populer di media sosial sehingga cukup populer di kalangan pemilih millenial.

“Aktivitas Ibu Indah sebagai kepala daerah juga mudah di pantau melalui akun-akun media sosialnya, sehingga manambah tingkat kesukaan dan keberterimaan (aksepbilitas) beliau di tengah-tengah masyarakat. Bu Indah juga disebut-sebut sebagai salah satu politisi perempuan yang berpotensi maju sebagai bakal calon wakil Gubernur Sulawesi Selatan,” jelas Asra.

Lalu kata Asra, ada juga nama Debbi Purnama Rusdin, yang melalui rekam jejak digitalnya semua pihak bisa melihat keaktifannya dalam menyapa serta berdialog dengan konstituen.

Baca Juga : Dialog dan Buka Puasa Bersama Warga Rappocini, Debbie Rusdin Ungkap Perhatiannya di Dunia Pendidikan

“Di samping itu, tidak sedikit tokoh masyarakat yang menganggap Ibu Debbi sebagai politisi yang layak untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Makassar bahkan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di 2024 nanti,” imbuh Direktur Profetik Institute ini.

Hal penting yang mesti dicatat oleh para politisi perempuan adalah, relevansi isu politik yang mereka bawa ke ruang publik. Para politisi perempuan mau tidak mau mesti bisa mengendors kebijakan-kebijakan yang mendorong kesetaraan gender serta meminimalisir ketimpangan kuasa gender yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Selain itu para poltisi perempuan juga mesti membawa nuansa politik yang lebih “soft” dan “kolaboratif”, karena tidak bisa kita pungkiri politik di Indonesia adalah politik yang sangat beraroma maskulin, sehingga rentan menimbulkan konflik yang tidak produktif dan destruktif,” demikian Asra.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...