Logo Sulselsatu

Damkar Makassar Keluarkan Imbauan Larangan Parkir di Lorong

Asrul
Asrul

Selasa, 26 Juli 2022 15:03

Damkar Makassar Keluarkan Imbauan Larangan Parkir di Lorong

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran telah resmi mengeluarkan imbauan terkait larangan parkir di lorong bagi kendaraan roda empat atau lebih.

“Diimbau kepada seluruh pengguna dan pemilik kendaraan bermotor roda 4 atau lebih, untuk dapat menertibkan area parkir kendaraannya agar tidak mengganggu Akses kendaraan taktis dalam operasi pemadaman kebakaran dan penyelamatan terutama dalam lingkungan perumahan (lorong),” bunyi imbauan tersebut yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar Hasanuddin.

Hasanuddin menegaskan, imbauan itu ditujukan kepada kecamatan masing-masing, kemudian dari kecamatan akan diteruskan ke kelurahan masing-masing, nantinya dari kelurahan akan diumumkan melalui masjid.

Baca Juga : VIDEO: Kelengkapan Damkar Makassar, Kabid Operasi Damkar Makassar: Alhamdulillah

Hal ini dilakukan karena, kerap kali armada pemadam kebakaran terhalang oleh kendaraan yang parkir sembarangan di lorong-lorong.

“Sering kita hadapi yang parkirannya itu di dalam lorong. Jadi akses yang sudah pas masuk di dalam lorong itu ditambah lagi dengan parkiran, susah sekali kita lewat di situ,” ujar Hasanuddin ketika ditemui, Senin, (25/7/2022).

Lebih-lebih lagi kata Hasanuddin, pemilik kendaraan yang parkir tidak diketahui siapa pemiliknya, bahkan warga pun tidak mengetahui, sehingga membuat armada tertahan lama dalam situasi itu. Padahal respon time-nya hanya 15 menit setelah menerima laporan.

Baca Juga : Waspada! Penipu Mengaku Petugas Pemadam Kebakaran Makassar

“Biasa kita dapati parkiran yang susah kita tembusi, jadi perlu diantisipasi,” ucapnya.

Untuk lebih jelas terkait keutamaan kendaraan armada kebakaran diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 134 ayat 1 disebut, pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan termasuk kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.

Sementara dalam pasal 287 dijelaskan, orang yang melanggar ketentuan itu dapat dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

Baca Juga : Kebakaran di Makassar, Damkar Makassar Sebut Penyebab Didominasi Masalah Listrik

Kemudian pasal 311, disebut setiap pengendara yang sengaja membahayakan nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp3 juta.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Nanang Wijayanto
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...