Logo Sulselsatu

Sekda Barru Sebut Festival Budaya To Berru 2022 Penuh Kolaborasi

Asrul
Asrul

Sabtu, 17 September 2022 21:14

Sekda Barru Sebut Festival Budaya To Berru 2022 Penuh Kolaborasi

 

SULSELSATU.com, BARRU – Gelaran Festival Budaya To Berru (FBTB) ke XI tahun 2022 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Barru Abustan, Jumat (16/9/2022) malam.

Acara yang masuk dalam kelender Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf ini akan berlangsung selama tiga hari dengan menyuguhkan sejumlah rangkaian acara di Pantai Sumpang Binangae Kecamatan Barru.

Baca Juga : Gencar Aksi Cegah Stunting, Hasnah Syam Didaulat Jadi Bunda Asuh Anak Stunting

Turut hadir Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparektraf Muh Amin, Kepala balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan Kemendikbudristek Syamsu Rijal, Kasub koord Pengembangan event Pariwisata Provinsi Sulsel Lan Sana, Kurator Karisma Event Nusantara Vera Damayanti.

Acara pembukaan diawali dengan Pawai Karnaval yang diikuti oleh sejumlah kabupaten diantaranya Bantaeng, Pare-Pare, Pinrang dan Barru selaku penyelenggara.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Barru Andi Adnan mengemukan jika acara FBTB ini harus berkelanjutan dan lebih baik lagi.

Baca Juga : Sekda Bersama Hasnah Syam Mulai Pembangunan BLK Komunitas Teknik Pengelasan

“Ini acara adalah acara yang masuk event nasional sehingga harus di lakukan secara berkala dan setiap tahun harus lebih baik dengan kemasan acara yang tidak monoton tetapi tetap menonjolkan kearifan lokal serta acara ini meningkatkan UMKM dan brand lokal di kabupaten barru” kata Adnan

Event yang menyuguhkan rangkaian acara koreografer, temu komposer, karnaval budaya, pentas kebudayaan komunitas seni lokal, mappadendang, mappabite manu dan mattojang di Desa Paccekke ini bertema Colliq Pujie Mozaik Paras Budaya.

Sekda Barru Abustan mengawali sambutan dengan menceritakan sejarah Lagaligo yang berasal dari Barru dan tentang kerja sama Barru dan kementerian.

Baca Juga : Satu-satunya di Sulsel, Bupati Barru Terima Penghargaan Dari Menteri Perdagangan

“Pembentukan FBTB dari awal selalu dilakukan atas kolaborasi antara pelaku seni dan Pemerintah sendiri, sehingga gelaran budaya di Barru tetap bertahan dan menjadi agenda tahunan dalam event ini. festival budaya yang kita lakukan malam ini ada pesan-pesan yang ingin di sampaikan dan visualisasikan oleh anak-anak kita dengan menghadirkan pula sejumlah pelaku Mappadendang dari berbagai desa,” kata Abustan.

Kolaborasi lainnya juga dinampakkan dari kehadiran sejumlah pelaku seni dan budaya dari berbagai daerah yang turut ambil bagian dalam gelaran acara ini ditambah dengan pemilihan duta budaya dari 55 desa kelurahan sebagai bentuk kepedulian generasi terhadap budaya masing-masing desa kelurahannya.

Akhir acara di tutup dengan penampilan yang mempesona dari komunitas seni lokal Barru dengan penampilan yang menghadirkan kearifan lokal dengan kostum yang mewakili warna kabupaten barru dan pemukulan lesung menggunakan alu sebagai pertanda pembukan FBTB ke XI dibuka secara resmi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Asriadi Rijal
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar01 Februari 2023 23:31
Mengenal Apa itu Tokomoditi? Program Pemkot Makassar untuk Kendalikan Inflasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali menggagas inovasi Tokomoditi yang rencanaya di tempatkan di sejumlah kelurah...
Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...