Logo Sulselsatu

Jamin Peredaran Uang Rupiah, BI Sulsel Lepas Kas Keliling di Wilayah 3T

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 22 September 2022 17:52

Pelepasan kas keliling Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel (dokumen: ist)
Pelepasan kas keliling Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSARUang Rupiah bukan hanya alat transaksi pembayaran saja, tetapi merupakan identitas dan alat pemersatu bangsa sekaligus salah satu simbol kedaulatan negara.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) meyelenggarakan kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 pada 22-28 September 2022.

Hal ini sebagai salah satu pengelolaan uang Rupiah yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menjamin tersedianya uang Rupiah yang layak edar, denominasi sesuai, tepat waktu sesuai kebutuhan masyarakat, serta aman dari upaya pemalsuan.

Baca Juga : Inflasi Sulsel September 2022 Sebesar 1,12 Persen, Andil Terbesar Kenaikan Harga BBM

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 adalah kegiatan Kas Keliling di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) yang akan menjangkau enam pulau di wilayah perairan Sulawesi Selatan, yaitu: Pulau Kapoposang, Pulau Sarappo Lompo, Pulau Bonerate, Pulau Rajuni, Pulau Jampea, dan Pulau Pasi Gusung Selayar.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, kegiatan akan diisi dengan layanan penukaran uang, sosialisasi/edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, serta penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

“Bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulsel, dalam kegiatan kali ini juga akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat dan sunatan gratis bagi anak-anak yang ada di pulau,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis, (22/9/2022).

Baca Juga : Uang Panaik Terbakar di Gowa, BI Sulsel Bantu Lakukan Penukaran Kembali

Cik sapaan akrabnya menjelaskan, lewat pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, BI Sulsel berharap kualitas uang Rupiah yang beredar di wilayah 3T dalam kondisi layak edar, jumlah nominal yang cukup, serta pecahan yang sesuai.

Kata Cik, BI Sulsel juga berharap agar masyarakat dapat semakin mencintai, bangga dan memahami Rupiah.

“Kehadiran Rupiah diseluruh pelosok negeri merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Bank Indonesia dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini,” tutupnya.

 Komentar

 Terbaru

Video06 Oktober 2022 20:06
VIDEO: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh saat Banjir, 3 Siswa Dikabarkan Meninggal
SULSELSATU.com – Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Kamis (6/10) sore. Hingga mengakibatkan tembok MTSN 19 Pondok Labu, Insiden rob...
OPD06 Oktober 2022 20:04
Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama T...
Nasional06 Oktober 2022 19:08
Dukung Pengurangan Emisi, Program BRI Menanam Proyeksikan Penyerapan Karbon Hingga 108 Ribu Ton CO2
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) turut ambil bagian dalam mendukung ketahanan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Sal...
Makassar06 Oktober 2022 18:56
Fatmawati Rusdi Buka High Level Meeting TPID Kota Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengendalikan laju infla...