Logo Sulselsatu

Noice Rangkul Kreator Lokal Berkarya di Konten Audio

Asrul
Asrul

Sabtu, 24 September 2022 13:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bagi anak muda atau milenial, kabar baik bagi Anda. Platform konten audio streaming lokal Noice, menghadirkan Kelas Podcast di kota Makassar. Ruang edukasi gratis bagi para konten kreator pemula yang ingin belajar lebih mendalam untuk berkarya di industri konten audio, khususnya podcast.

Kelas Podcast di Makassar akan diadakan secara offline hari ini, Sabtu 24 September 2022 bertempat di Auditorium Ciputra School of Business / UC Makassar. Acara ini merupakan lanjutan dari gelaran kegiatan serupa yang dilaksanakan secara online pada akhir Agustus lalu di Jakarta dan awal September lalu di kota Bandung.

VP of Content Noice Thomas Raditya menjelaskan, bahwa kelas podcast yang digagas oleh Noice merupakan bagian dari Noicemaker Academy, rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para konten kreator lokal di berbagai daerah, untuk mendukung mereka berkembang dan meraih sukses sebagai kreator konten audio.

Baca Juga : PPALC Harap Pemerintah Turut Sukseskan Yatim Fest di Sulsel

Rangkaian program ini kata Thomas, dimulai dari Kelas Podcast, yang akan berlangsung di berbagai kota besar di tanah air dan akan ditutup dengan kompetisi podcast bagi para konten kreator dimana konten yang terbaik nantinya akan berkesempatan untuk menjalin kontrak eksklusif dengan Noice dan mendapat berbagai dukungan lainnya.

“Berkarya di medium audio terbilang jauh lebih sederhana dan tidak rumit, berbeda dengan visual yang cenderung lebih memperhatikan penampilan fisik serta membutuhkan peralatan yang lebih banyak. Selain itu, banyak pula kreator pemula yang masih bingung mau memulai darimana. Terkadang hal-hal seperti ini menjadi kendala yang dirasakan oleh para kreator daerah sehingga membatasi mereka untuk berkarya. Untuk itulah Noice hadir di Makassar kali ini, untuk memberikan dukungan dalam bentuk edukasi bagi para anak muda yang ingin berkarya di industri konten audio seperti memproduksi podcast, ataupun menjadi VO (voice over) talent untuk vertikal audiobook & audioseries yang ada di Noice, serta masih banyak lagi peluang lainnya yang dapat di-eksplorasi,” ungkap Thomas.

Lebih jauh, Thomas memaparkan bahwa Kelas Podcast Noice di Makassar akan mengangkat tema seputar cara membuat podcast ala Noice yang akan diisi oleh Arif Brata, podcaster Noice yang juga berasal dari kota Makassar, Thomas Raditya, VP of content, Noice dan Fajrin Sahaf, Noice Creator Program Lead.

Baca Juga : VIDEO: Pemuda Bersenjata Serang Jemaah Salat Subuh di Makassar

“Tidak hanya itu, acara ini juga akan membahas mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang kreatif, hingga cara monetisasi konten,” tuturnya.

Program Kelas Podcast Noice di Makassar berlangsung di Ciputra School of Business atau UC Makassar. Universitas ini menyediakan pembelajaran dengan 3 jalur sukses yaitu Start-Up Business, Family Business dan Professional Career sebagai salah satu pilihan untuk mempersiapkan diri terjun di dunia kerja.

Sejalan dengan Noice yang memberikan media bagi kreator-kreator audio tanah air untuk mempublikasi karyanya sehingga bisa di akses oleh semua orang, UC Makassar memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk langsung praktek melalui project-project selama perkuliahan berlangsung.

Baca Juga : VIDEO: Ganjar Pranowo Hadir Kampanye Akbar Besok di Makassar

Kota Makassar termasuk ke dalam 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia. Saat ini, tercatat hampir setengah juta pendengar Noice berasal dari Makassar dengan rentang usia 18-34 tahun yang merupakan kalangan gen-Z & millennials.

Sementara itu, salah satu konten kreator Makassar Arif Barata menjelaskan bahwa sebagai platform lokal, Noice tidak tanggung-tanggung memberikan dukungan penuh bagi para kreator lokal untuk berani berkarya lewat konten audio, tidak hanya dukungan dari sisi produksi dan promosi, tetapi juga edukasi, lewat program-program seperti Kelas Podcast yang berlangsung di Makassar ini, hingga langkah monetisasi.

“Di Noice, saya berkesempatan untuk membawakan podcast lokal dengan logat Bugis-Makassar, berjudul Capila. Bagi para pendengar yang memang berasal dari Makassar, mendengarkan podcast Capila membuat mereka merasa sangat dekat atau relate dengan topik yang dibawakan, dan bahkan, mendengarkan obrolan kami membuat mereka merasa seperti pulang ke rumah, pulang ke Makassar,” kata Arif Brata, Noicemaker – sebutan bagi para kreator yang menghadirkan konten di aplikasi Noice.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...