Logo Sulselsatu

Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 06 Oktober 2022 20:04

Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama Tim Revitalising Informal Settlements and Their Environments (RISE).

Rapat membahas pengoperasian sarana Ipal komunal yang dibangun dalam Program RISE di Makassar berlangsung di Kantor UPT PAL Kota Makassar, Kamis (6/10/2022).

Hadir dalam rapat tersebut Kepala UPT PAL Kota Makssar, Hamka Darwis dan tim pelaksana Program RISE. Mereka di antaranya Fitriyanti A selaku pemimpin dan Awaluddin selaku koordinator.

Tim RISE, Ihsan menyebutkan, telah melakukan ekspose terkait pelaksanaan konstruksi pembangunan Ipal komunal di 5 lokasi padat penduduk yang ada di Kota Makassar. Nantinya, Ipal komunal ini akan diserahkan kepada pemerintah Kota Makassar dalam hal ini UPT Pengelolaan Air Limbah untuk dioperasikan dan dipelihara.

Lebih lanjut, Ihsan menuturkan, program RISE ini akan menjadi yang pertama di Indonesia maupun dunia. Dan akan menjadi percontohan bagi daerah lain ke depan.

“Proyek ini akan menjadi percontohan dan menjadi program pertama di dunia karena pengelolaannya menggunakan sistem digitalisasi dan digunakan di lokasi padat penduduk,” ujar Ihsan.

Kepala UPT PAL DPU Makassar, Hamka Darwis memberikan dukungan penuh agar apa yang menjadi target program Pemerintah Kota Makassar benar-benar dirasakan masyarakat.

“Kami siap mendukung Program RISE dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kami berharap seluruh stakeholder terkait dapat berkomitmen dan konsisten dalam melaksanakan program ini,” pungkas Hamka.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...