Logo Sulselsatu

DPU Makassar Optimis Capaian ODF 100 Persen

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 11 Oktober 2022 21:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum DPU Kota Makassar terus berupaya meningkatkan pelayanan maupun pembenahan demi kepentingan masyarakat.

Hal itu demi mencapai target 100 persen pengerjaan program Kota Makassar Bebas Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Saat ini, DPU Makassar melakukan pembangunan septik tank individual di lima (5) Kelurahan sebanyak 250 buah.

Pembangunan septik tank individual di 5 Kelurahan sebanyak 250 buah.

Di 5 Kelurahan, yaitu:
1. Kelurahan Bara-baraya Selatan
2. Kelurahan Layang
3. Kelurahan Pattingalloang
4. Kelurahan Gusung
5. Kelurahan Cambaya

Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan mulai Bulan Juli hingga Desember 2022. Adapun Pelaksana pekerjaan adalah KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dan Dinas PU sebagai Pemantau dan pengawas pekerjaan.

Dalam menentukan titik lokasi, Dinas PU bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan menindaklanjuti hasil survey Dinas Kesehatan mengenai wilayah yang tergolong zona merah dalam hal Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kepala UPT PAL Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis mengatakan dalam rangka menuju Kota Sehat, Dinas PU Kota Makassar terus berupaya memberikan solusi nyata dalam bentuk pembangunan infrastuktur tangki septik individual.

“Tahun ini kita membangun 250 titik di 5 Kelurahan yang ada di Wilayah Kota Makassar. Sumber Dana proyek ini adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Hibah Air Limbah Setempat (HALS) yang kesemuanya adalah Sumber Dana APBN,” ujarnya.

Sementara, pelaksana kegiatan itu sendiri adalah Kelompok Swadaya Masyarakat atau KSM. Kata Hamka, pihaknya berharap KSM dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu sesuai perencanaan yang ada sehingga warga pengguna proyek ini dapat benar-benar merasakan manfaatnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...
Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...