Logo Sulselsatu

Pacu Ekspor Porang di Sinjai, Karantina Pertanian Makassar Adakan Bimtek Akselerasi Ekspor Porang

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 20 Oktober 2022 15:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SINJAI – Saat ini porang kembali menjadi salah satu komoditas yang diminati para petani. Dengan menggeliatnya kembali ekspor porang ini, Karantina Pertanian Makassar melakukan bimbingan teknis akselerasi ekspor komoditas porang di Kabupaten Sinjai. Sinjai dipilih karena Kabupaten ini merupakan salah satu penyumbang komoditas porang terbesar kedua setelah Kabupaten Gowa.

Bimtek hari ini di buka oleh Bupati Kabupaten Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa. Dalam arahannya, Andi Seto sangat mengapresiasi bimtek yang diadakan oleh Karantina Pertanian Makassar, menurutnya hal ini menandakan bahwa Kabupaten Sinjai mempunyai potensi besar dalam pengembangan usaha dan ekspor porang.

“Bimbingan Teknis ini merupakan pertanda terbukanya peluang besar pasar dan ekspor porang di Sinjai. Diharapkan hal ini dapat dimanfaatkan untuk dapat memberi nilai tambah pendapatan kepada para petani di Kabupaten Sinjai”, tutur Andi Seto dalam arahannya

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir yang di temui pada saat pembukaan bimtek mengatakan bahwa Bimbingan Teknis ini merupakan bentuk dukungan Karantina Pertanian Makassar dalam mendukung percepatan ekspor porang di Sinjai yang juga sejalan dengan program Kementrian Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks).

“Karantina Pertanian Makassar terus melakukan penguatan layanan dan akselerasi ekspor melalui pelayanan karantina, yaitu penguatan laboratorium, pemenuhan sarana layanan khususnya di daerah sentra produksi dan wilayah kerja, serta terus melaksanakan bimtek dan pendampingan kepada petani dan para pelaku ekspor komoditas pertanian (klinik ekspor)”, tutur Lutfie.

“Harapan kami kepada peserta bimtek hari ini, bisa mengikuti dengan baik dan mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk usaha taninya, dan budidaya porang di kabupaten sinjai semakin meningkat”, sambungnya.

Komoditas porang ini sendiri bukan merupakan komoditas baru di Kabupaten Sinjai, diharapkan kedepannya porang dapat menjadi komoditas yang potensial dan memberi lahan ekonomi baru bagi para petani di Sinjai.

Bimbingan Teknis di Kabupaten Sinjai ini turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Sulsel Syamsuddin, Kasi Akabi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel Moch Kamrah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai Kamaruddin. Dengan mengundang para penyuluh pertanian serta para petani porang di Kabupaten Sinjai.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...