Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Tanam 70.200 Pohon di 43 Hektar Lahan Hutan Kritis

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 06 November 2022 21:33

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang ikut melakukan penanaman pohon (dokumen: istimewa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang ikut melakukan penanaman pohon (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berkomitmen mengembalikan fungsi hutan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 70.200 pohon.

Penanaman 70.200 pohon berlangsung di Kecamatan Tinggimoncong dan Tombolopao, Sabtu (5/11/2022) kemarin. Penanaman dilakukan di dalam laham seluas 43 hektar.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan pohon pada hutan memiliki fungsi yang sangat baik, terutama dalam menghasilkan udara, oksigen dan air serta mencegah terjadinya bencana longsor.

Baca Juga : Beautiful Malino Masuk Kalender KEN Kemenparekraf 2023, Pelaksanaan Kembali Dijadwalkan

“Hari ini kami tanam 70.200 pohon dalam rangka peringatan hari jadi Gowa ke-702 tahun. Penanaman dilakukan di dua kecematan yaitu Tinggimoncong dan Tombolopao. Ini merupakan lokasi hutan kritis hasil survei lapangan dari dinas terkait,” ungkapnya.

Adnan mengaku, setiap musim hujan dengan intensitas tinggi pada periode November hingga Januari pasti terjadi longsor di beberapa daerah dataran tinggi. Sehingga dengan melakukan penanaman pohon dapat membantu mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Saat musim hujan dengan intensitas yang tinggi pasti ada laporan longsor. Jadi gerakan ini setidaknya membantu agar tidak perlu was-was terjadi longsor. Penanaman ini bukan berbicara 1-2 tahun tapi jangka panjang 10-20 tahun ke depan,” jelas Adnan.

Baca Juga : Bupati Gowa Instruksikan Bapenda dan Perusda Genjot Potensi PAD

Sebagai bentuk kolaborasi dari berbagai pihak, penanaman pohon ini melibatkan lintas sektoral dan swasta. Salah satunya dari Balai Pembibitan yang memberikan bantuan bibit sebanyak 60 ribu pohon.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa Azhari Azis mengatakan kegiatan ini melibatkan seluruh forkopimda, SKPD, ASN, dan organisasi-organisasi yang bertujuan untuk untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan.

Hal ini katanya, guna meningkatkan daya dukung produktivitas serta peran hutam dalam menjaga sistem penyangga kehidupan dan pelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga : Bupati Adnan Ajak ASN Gowa Jadi Panutan Pelaporan SPT Tahunan Bagi Masyarakat

Ada tiga lokasi yang menjadi lokasi penanaman yakni di Kawasan hutan Konservasi Taman Hutan Raya di Kecamatan Tinggimoncong, di KPH Jeneberang dan di Kawasan Hutan Produksi di Desa Tonasa, Kecamatan Tombolo Pao.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...
Video01 Februari 2023 21:01
VIDEO: Pare-pare Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Titik Tergenang Banjir
SULSELSATU.com, PARE-PARE – Kota Pare-pare banjir akibat dilanda hujan dengan itensitas sedang hingga lebat, Rabu (1/2) malam. Dalam video terli...
Video01 Februari 2023 19:43
VIDEO: Truk Trailer Tabrak Jembatan di Burau Luwu Timur
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Satu unit truk trailer menabrak jembatan Lepa-lepa, Kecamatan Burau, Luwu Timur. Kejadian tersebut terjadi pada Sel...