Logo Sulselsatu

Korea Selatan Lirik Proyek LRT, Siap Berinvestasi di Kota Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 09 November 2022 15:14

One on One meeting Pemkot Makassar dengan Korea Selatan (dokumen: istimewa)
One on One meeting Pemkot Makassar dengan Korea Selatan (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kota Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terus menarik minat investor asing. Salah satu yang tertarik adalah investor dari Korea Selatan.

Korea Selatan berencana akan melakukan ekspansi kerja sama di Indonesia dengan menyasar Kota Makassar setelah Jakarta dan Surabaya di bidang transportasi publik.

Hal itu disampaikan Junsung Kim Director General Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) saat melakukan one on one meeting dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga : Jangan Lengah, Satgas Waspada Investasi Temukan 10 Entitas Investasi dan 50 Pinjol Tanpa Izin

Meeting ini merupakan rangkaian kegiatan Makassar Invesment Forum (MIF) 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada 8-9 November 2022.

Kata Junsung Kim, Korea siap membantu Indonesia membangun LRT sebagai sistem transportasi publik. Apalagi Indonesia dan Korea Selatan merupakan rekan bisnis.

“Korea tertarik membawa rekan-rekan industri dari Korea untuk berinvestasi di Indonesia membangun LRT dan infrastruktur lainnya. Rencananya ekspansi mereka ingin berkolaborasi dengan kota-kota lain selain Jakarta dan Surabaya. Salah satunya Kota Makassar,” kata Junsung Kim.

Baca Juga : Pemkot Makassar Rencanakan 20 OPD dapat Kendaraan Listrik Tahun Ini

Bahkan kata dia, Korea Selatan siap membantu pemerintah kota mulai dari tahap development plan yaitu rencana pengembangan dari tahap awal, eksekusi sampai selesai.

Usai pertemuan dengan Pemkot Makassar, pihaknya akan melapor ke Pemerintah Korea terkait dengan proyek LRT ataupun proyek lainnya.

“Kami juga akan berkomunikasi dengan perusahaan besar yang terdaftar di Korea supaya mereka terlibat langsung pada proyek ini dan melihat siapa yang tertarik. Tentunya mereka akan mengajukan (jika diperlukan biaya) supaya bisa mengsupport rencana pengembangan dari awal,” tuturnya.

Baca Juga : Tuan Rumah Rakernas Apeksi, Momenutum Pembuktian Makassar Kota Makan Enak

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan LRT merupakan salah satu proyek strategis Kota Makassar yang akan diadakan melalui sistem investasi.

“Tadi dari Korea itu mereka akan membuat LRT kita, dan inilah bukti Makassar menuju kota dunia, karena semua datang kemari dan mau kerja sama,” tutur Danny Pomanto.

Bahkan kata Danny, Korea Selatan siap membuat Feasibility Study (FS) rencana pembangunan LRT Kota Makassar. “Ini menarik karena Korea akan membuat LRT Kota Makassar, FS gratis ia bikinkan,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Februari 2023 22:45
Danny Pomanto Promosikan ‘Makassar Kota Makan Enak’ di Puppet Show Kalla Toyota
SULSELSATU.com,MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Puppet Show yang digelar oleh Kalla Toyota di Nipah Mall, K...
Video02 Februari 2023 22:31
VIDEO: Penampakan Pasca Banjir Bandang di Pare-pare
SULSELSATU.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Parepare sejak sore kemarin, akibatnya sejumlah wilayah terdampak banji...
News02 Februari 2023 22:19
Dukung Produktivitas Usaha Warga, Amartha Foundation Resmikan Desa Digital
Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org meresmikan program Desa Digital Amartha di Desa Tambu, Balaesang, Donggala, S...
Makassar02 Februari 2023 21:58
Tiga Proyek Besar yang Gagal Lelang, Danny: Kita Sempurnakan, Diselesikan November
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Proyek besar Pemerintah Kota Makassar mengalami gagal lelang dalam tender dini 2022. Ketiga Proyek tersebut diketahu...