Logo Sulselsatu

Dinkes Makassar Siap Hadapi Cuaca Ekstrem, Personil Tim Gerak Cepat Disiagakan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 19 November 2022 14:11

Tim Gerak Cepat yang disiapkan Dinkes Makassar (dokumen: istimewa)
Tim Gerak Cepat yang disiapkan Dinkes Makassar (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Intensitas hujan di Kota Makassar yang turun beberapa hari terakhir mengakibatkan adanya sejumlah wilayah tergenang air. Tak sedikit pula yang harus diisolasi karena debit air yang kian bertambah.

Terpantau, daerah yang dikabarkan tergenang yakni wilayah Antang dan BTP. Warga diharuskan segera mengungsi dan mendapat perhatian pemerintah.

Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail bergerak cepat mengunjungi warganya yang terkena dampak banjir. Ia terlihat mengunjungi salah satu posko yang ada di Masjid Jabal Nur Manggala, Jumat (18/11/2022) kemarin.

Baca Juga : Ketua TP PKK Kota Makassar Ikuti Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia, Indira: Sarasehan Jadi Wadah Pertukaran Ide

Melihat kondisi cuaca ekstrem ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar (Dinkes Makassar) dr Nursaidah Sirajuddin mengantisipasi hal tersebut dengan menurunkan personil TGC (Tim Gerak Cepat).

“Kami sudah antisipasi jauh hari sejak memasuki musim penghujan. Personil TGC akan siap menyasar daerah yang terkena dampak banjir maupun area yang dibutuhkan tenaga kesehatan. TGC ini akan memastikan kesehatan warga terdampak banjir agar tetap prima sembari menunggu air surut,” jelas dr Ida.

Ia menambahkan, untuk fasilitas kesehatan warga seperti rumah sakit maupun puskesmas akan siap sedia sesuai dengan SOP yang berlaku.

Baca Juga : Bunda PAUD Makassar Dorong Kreatifitas Anak Lewat Lomba Gambar dan Lipat Kertas

“Rumah sakit pemerintah dan PKM setempat tentu akan sigap melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan lanjutan. Ini sudah sesuai ketentuan yang ada dan akan ditindaki sesuai prosedur yang berlaku,” tambahnya.

Untuk wilayah terdampak, petugas kesehatan PKM setempat bersinergi dengan petugas TGC di posko yang telah disediakan. Adapun data warga yang tertangani di Masjid Jabal Nur Antang sebanyak 21 orang dengan rincian gatal/jamur 10 orang, flu batuk tujuh orang, hipertensi satu orang, diare satu orang, gastritis satu orang dan diabetes melitus satu orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video26 November 2022 19:24
VIDEO: Sejumlah Masjid Rusak, Warga Korban Gempa Cianjur Jumatan di Tengah Reruntuhan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan pengungsi korban gempa Cianjur melaksanakan salat Jumat diantara reruntuhan bangunan. Warga melaksa...
Pendidikan26 November 2022 19:23
Finalis Academic Leader 2022, Rektor UNM Buktikan Sebagai Pemimpin Segudang Prestasi
SULSELSATU.com, JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, saat ini tengah mengikuti proses kegiatan Rektor Academic...
Video26 November 2022 17:40
VIDEO: Viral, Sekelompok Orang Rusak Banner Gereja Reformed Injili di Tenda Pengungsian Korban Gempa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sekelompok orang copot papan nama gereja Reformed Injili Indonesia untuk korban pengungsi gempa Cia...
News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...