Logo Sulselsatu

Meta Alami Penurunan Pendapatan, Mark Zuckerberg Dikabarkan Mundur

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 24 November 2022 14:33

Pendiri Meta Mark Zuckerberg (dokumen: istimewa)
Pendiri Meta Mark Zuckerberg (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.comMeta telah mengklarifikasi bahwa pendiri sekaligus CEO Mark Zuckerberg tidak akan mengundurkan diri tahun depan. Pernyataan tersebut dikeluarkan perusahaan setelah kabar Zuckerberg akan keluar dari perusahaan tahun depan karena investor.

Menurut laporan The Leak yang dikeluarkan Selasa (23/11/2022), para investor frustasi dengan rencana Zuckerberg yang ingin menggandakan investasi dalam proyek metaverse yang merugi.

Namun pada hari yang sama, juru bicara Meta Andy Stone mengklarifikasi jika kabar kemunduran Zuckerberg tahun depan adalah tidak benar. Ia merespon salah satu cuitan mengenai laporan tersebut dengan mengatakan “salah”.

Baca Juga : VIDEO: Aksi Mark Zuckerberg Berselancar Sambil Pegang Bendera AS

Sebelumnya pada earning call yang diselenggarakan pada 27 Oktober lalu, Meta melaporkan penurunan pendapatan kuartal dua kalinya berturut-turut. Kali ini, pendapatan Meta kuartal ketiga tahun 2022 turun hingga 4 persen year over year (YoY).

Pada kuartal ini, Meta memperoleh pendapatan sekitar 27,7 miliar dolar AS (sekitar Rp431 triliun) dengan penghasilan bersih sekitar 4,3 miliar dolar AS, turun jauh dibanding 9,1 miliar dolar AS pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pada laporannya, Meta diketahui tekor besar pada Reality Labs. Divisi ini merupakan bagian yang menangani metaverse. Laporan kerugian di sektor ini mencapai 3,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 56 T) pada kuartal ketiga 2022 ini saja.

Baca Juga : Konfrensi Developer Facebook Batal karena Ancaman Corona

Namun Zuckerberg mengatakan akan tetap ngotot membangun metaverse meski terus merugi.

“Masih ada jalan panjang di depan untuk membangun platform komputasi berikutnya. Tapi kami jelas melakukan pekerjaan utama di sini,” kata Zuckerberg

Zuckerberg mengumumkan pengurangan 13 persen dari total stafnya dalam surat terbuka, dan mengaku bersalah atas situasi yang terjadi.
Hari ini saya membagikan beberapa perubahan tersulit yang pernah kami buat dalam sejarah Meta.

Baca Juga : Konfrensi Developer Facebook Batal karena Ancaman Corona

PHK juga diberlakukan ke bagian aplikasi (yang disebut Family of Apps) dan divisi yang menangani Metaverse dan augmented reality (AR) perusahaan, Reality Labs.

Zuckerberg menyebut bahwa perekrutan pegawai akan lebih sedikit di tahun depan, bersamaan dengan restrukturisasi tim bisnis agar lebih substansial. Sementara itu, penundaan perekrutan akan berlanjut setidaknya hingga kuartal pertama tahun depan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...