Logo Sulselsatu

Tangani Stunting Lebih Optimal, Priska Adnan Dorong Kader Posyandu Paham 5 Layanan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 01 Januari 2023 18:05

Pelatihanan penanganan stunting yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan (dokumen: istimewa)
Pelatihanan penanganan stunting yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, GOWA – Kader Posyandu didorong agar lebih paham upaya preventif dalam penanganan stunting. Dalam implementasinya, kader posyandu perlu memahami lima paket layanan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, lima paket layanan stunting ini antara lain, pelayanan kesehatan ibu dan anak, integrasi konseling gizi, layanan air bersih dan sanitasi, serta perlindungan sosial, dan layanan PAUD.

“Hal penting yang perlu dioptimalkan dalam pencegahan stunting yakni pemberian penyuluhan kesehatan oleh kader dan pelayanan kesehatan oleh petugas kesehatan,” katanya saat membuka Pelatihan Stunting se-Kecamatan Parigi di Hotel Gammara, Makassar, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga : Pemkab Gowa 2024 Fokuskan Pembangunan pada Penuntasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Menurut Priska, Kecamatan Parigi saat ini telah tamat atau selesai dalam hal peningkatan kapasitas kader posyandu terkait penanganan stunting. Meskipun demikian, pelatihan seperti ini masih perlu dilakukan agar seluruh kader Posyandu dapat terus memahami dan mengimplementasikan lima paket layanan pencegahan stunting di lapangan.

“Sehingga angka prevelensi stunting bisa berhasil kita tekan,” harap Priska.

Sementara itu, Camat Parigi Nuraeny Apriyani yang turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa menjelaskan, dalam pelatihan ini pihaknya juga mendorong bagaimana ke depan pemanfaatan dana desa juga dapat menyentuh pembangunan kesehatan untuk penanganan konvergensi stunting di desa se-Kecamatan Parigi.

Baca Juga : TP PKK Gowa dan Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Bakti Sosial dan Edukasi Kader Posyandu

Pemanfaatan dana desa ini bisa melalui pemberian bantuan sosial kepada keluarga yang memiliki anak beresiko stunting. Baik melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh pemerintah kabupaten, hingga bantuan lainnya di tingkat desa, seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Ini memang menjadi fokus kita di 2023 mendatang yaitu memastikan seluruh keluarga beresiko stunting menjadi penerima bantuan sosial. Sehingga kita sangat harapkan seluruh peran desa dalam mendata keluarga beresiko stunting di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, program lainnya yang akan didorong ke depan untuk penanganan stunting di kecamatannya yaitu dengan memperkuat kerjasama lintas sektor dalam mengintervensi rumah tangga yang berisiko stunting.

Baca Juga : Bupati Adnan Tinjau Langsung Pendistribusian Bantuan Cadangan Beras

“Kami akan memanfaatkan lahan pekarangan rumah masyarakat untuk pemenuhan gizi rumah tangganya. Jadi beberapa akan ditanami tumbuhan yang bisa bermanfaat bagi keluarga, seperti toge, dan lainnya,” kata Eny.

Termasuk juga memperkuat kerjasama antar sektor untuk mendorong masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi aneka ragam makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Begitu juga memperkuat kerjasama lintas sektor untuk mendorong keaktifan masyarakat untuk aktif hadir pada pelaksanaan posyandu setiap bulan, khususnya bagi balita yang sudah lengkap imunisasi dasarnya.

Eny berharap, dalam kegiatan ini para kader posyandu di Kecamatan Parigi bisa lebih terampil dalam setiap kegiatan Posyandu di desa masing-masing.

Baca Juga : Komitmen Danny Pomanto Wujudkan Makassar Zero Stunting Raih Penghargaan

“Tentu kami berharap, para kader Posyandu akan lebih terlatih lagi dan lebih terampil dalam melaksanakan kegiatan rutin posyandu di desa masing-masing,” terangnya.

Kegiatan tersebut diikuti 45 peserta yang terdiri dari 9 (sembilan) orang per desa. Mereka terdiri dari kepala desa, Ibu Ketua PKK desa, Kader KPM, staf desa yang menangani masalah bantuan dalam hal ini Kaur Kesra di desa dan Kader Posyandu sebanyak 5 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...