Logo Sulselsatu

Kembangkan Digitalisasi Desa, Amartha Perkuat Agen AmarthaOne di Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 13 April 2023 21:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Amartha Mikro Fintek berfokus menyediakan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM. Berkomitmen terus mendukung digitalisasi perekonomian pedesaan.

Komitmen ini diwujudkan lewat program keagenan AmarthaOne. AmarthaOne ini memfasilitasi para agen untuk memberikan layanan keuangan digital di pedesaan yang dapat diakses melalui aplikasi Amartha+.

Kehadiran agen AmarthaOne, diharapkan membantu meningkatkan perekonomian pedesaan di Indonesia dan memberikan akses yang lebih luas bagi para pelaku usaha mikro di pedesaan.

Baca Juga : Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi BRIZZI Meningkat 15%

Saat ini program keagenan AmarthaOne telah tersedia di 17 wilayah regional Amartha, di antaranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lain-lain.

Head of New Retail Amartha Aditya Pratomo menjelaskan, pengembangan AmarthaOne sejalan dengan komitmen Amartha dalam menyediakan teknologi inklusif untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM pedesaan.

“Dengan AmarthaOne, para agen dapat memperoleh keuntungan lebih besar dari hasil penjualan PPOB (voucher pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga), sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pelanggan UMKM pun akan terbantu karena layanan keuangan digital dapat diperoleh dengan mudah dan
dekat,” papar Aditya Pratomo.

Baca Juga : Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Layanan agen AmarthaOne juga meliputi cashless payment point, sehingga mitra binaan Amartha dapat membayar angsuran lewat agen AmarthaOne. Mereka yang menjadi agen AmarthaOne telah teredukasi literasi keuangan digital serta memiliki riwayat portofolio pinjaman yang baik.

Kata Aditya, dalam perjalanannya selama 13 tahun menciptakan dampak bagi Indonesia, Amartha senantiasa berupaya untuk terus bertumbuh dan menjangkau jutaan UMKM akar rumput lainnya.

Untuk performa bisnis di tahun 2022, Amartha telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Tumbuh 93 persen dari tahun sebelumnya atau hampir 2 kali lipat dari total dana yangdisalurkan sebelumnya mencapai 2,4 triliun rupiah menjadi lebih dari 4,7 triliun rupiah.

Baca Juga : Mengenal Desa Wawowae, Pemenang Kategori Desa Potensial Wilayah Tengah Program Desa BRILian

Pertumbuhan bisnis tersebut salah satunya didukung oleh porsi total pendanaan area
pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan dengan penyaluran hingga lebih dari 400
miliar rupiah kepada lebih dari 78 ribu UMKM.

“Pulau Sulawesi merupakan wilayah operasional dengan tingkat digitalisasi yang cukup tinggi. Terlihat pada peningkatan jumlah agen AmarthaOne yang signifikan, hingga mencapai 2,500 agen dalam waktu beberapa bulan,” jelas Aditya.

Untuk meningkatkan jangkauan agen AmarthaOne, Amartha melakukan ekspansi
nasional ke seluruh cabang operasional dengan mengadakan sosialisasi layanan AmarthaOne melalui program #AgenNaikKelas secara rutin.

Baca Juga : Mengenal Desa Bansari, Pemenang Desa BRILian 2023 Berkat Keindahan Alam & Inovasi Pertanian Modern

Sosialisasi tersebut terbukti efektif untuk memperluas jangkauan ke UMKM dan memberikan kesempatan bagi lebih banyak mitra untuk memanfaatkan program digitalisasi yang diberikan. Di samping itu, adanya intervensi yang dilakukan Amartha seperti pelatihan tentang pemasaran dan keuangan kepada calon agen dapat memudahkan proses digitalisasi di lapangan.

“Tahun ini, Amartha memperingati 13 tahun perjalanannya dalam menciptakan dampak.
Masih banyak potensi UMKM akar rumput yang bisa kita tingkatkan melalui teknologi inklusif. Khusus program keagenan ini, ke depannya Amartha akan fokus mengembangkan program keagenan AmarthaOne yang semakin terintegrasi dan dapat menciptakan dampak ekonomi berkelanjutan. Amartha juga membuka potensi kolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama meningkatkan ekonomi akar rumput, agar tercipta kesejahteraan yang merata,” pungkas Aditya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...