Logo Sulselsatu

Sulsel Termasuk Daerah Rawan Pelanggaran Pemilu, Menkopolhukam: Antisipasi Kecurangan Lebih Awal

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 13 Juli 2023 13:47

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menghadiri acara Forum Koordinasi Sentra Gakkumdu dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu di Hotel Claro, Makassar, Kamis (13/7/2023).

Dalam keterangannya, Menko Polhukam Mahfud MD menekankan, pencegahan terjadinya tindak pidana dalam pelaksanaan Pemilu harus diantisipasi lebih awal. Apa lagi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang tingkat kecurangan dalam pemilu terbilang tinggi.

Olehnya itu, Mahfud meminta para pihak yang menjadi bagian dari Sentra Gakkumdu dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu, agar bisa lebih awal melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana pemilu.

Baca Juga : Program Desa BRILian BRI Berhasil Berdayakan 194 Desa di Sulsel

” Sebenarnya sebelum ini ada di Kalimantan Timur, dengan harapan pelanggan pemilu bisa diantisipasi lebih awal, karena kalau terjadi pelanggaran itu ada pengadilannya kalau pidana itu ancamannya pidana bisa bisa penjara juga dan sudah banyak yang masuk penjara karena pelanggaran pidana yang kecil-kecil meskipun hukumannya juga kecil-kecil nah juga untuk memperkecil kemungkinan terjadinya gugatan ke Mahkamah Konstitusi”kata Menkopolhukam Mahfud MD.

Mahfud menyebutkan melalui forum yang dilaskanakan ini untuk dapat mengurangi kemungkinan pelanggaran yang terjadi dimana.

Olehnya itu, Gakkumdu diharapkan sudah dapat memetakan potensi pelanggaran dengan melakukan mitigasi tindak pidana pemilu Mahfud menyebutkan pelanggaran pemilu pada tahun sebelumnya sebanyak 361.

Baca Juga : Upaya OJK Sulselbar Dorong Pertumbuhan Daerah Melalui Pengembangan Bisnis UMKM

Apa lagi dalam politik, lanjut Mahfud, indikasi adanya jebakan seringkali dimainkan.

“Banyak itu yang suka-suka tunggu di tikungan saja. Kalau terjadi, jebak. Jangan seperti itu. Dicegah saja,” ujarnya.

Mahfud menegaskan, upaya pencegahan tindak pidana harus lebih dimasifkan dengan semangat penegakan hukum.

Baca Juga : BI Sulsel Sebut Lima Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2024

“Pencegahan tindak pidana harus juga dikedepankan layaknya semangat penegakan hukum tindak pidana pemilu. Sejak saat ini, komunikasi harus terus berjalan dalam upaya untuk mencegah tindak pidana pemilu,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 April 2024 20:47
VIDEO: Mobil Terjun ke Jurang di Jalan Poros Malino Gowa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil terjun ke jurang di Kabupaten Gowa. Kejadian ini terjadi pada Minggu (14/4/2024). Insiden ini...
Metropolitan14 April 2024 18:42
Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen
Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pel...
Politik14 April 2024 18:17
Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar Usungan NasDem di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Pilwali Kota Makassar sejumlah figur bakal calon kandidat wali kota maupun wakil wali kota mulai bermuncula...
Video14 April 2024 18:13
VIDEO: Tanah Longsor terjadi di Tana Toraja, 18 Orang Ditemukan Meninggal
SULSELSATU.com – Tanah longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Longsor terjadi sekitar pukul 22.30 WITA di RT ...