Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan di Era Digital Lewat SPBE

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 23 November 2023 18:19

Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Baruga Karaeng Pattingalloang di Kantor Bupati Gowa. Foto: Istimewa
Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Baruga Karaeng Pattingalloang di Kantor Bupati Gowa. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa melaksanakan Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (23/11/2023).

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni mengatakan, sosialisasi ini membahas terkait arsitektur SPBE dan peta rencana SPBE Kabupaten Gowa.

Di dalam arsitektur dan peta rencana SPBE Kabupaten Gowa terdapat kondisi existing teknologi informasi dan telekomunikasi Kabupaten Gowa dan perencanaan 5 tahun ke depan.

Baca Juga : Bupati Adnan Tinjau Langsung Pendistribusian Bantuan Cadangan Beras

“Melalui SPBE ini kita dapat menyediakan layanan yang lebih cepat, akurat dan responsif kepada masyarakat, ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Gowa yaitu terwujudnya masyarakat yang berkualitas, mandiri, dan berdaya dengan tata kelola pemerintah yang baik,” jelasnya.

Perkembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Gowa berdasarkan hasil penilaian mandiri terhadap 47 indikator mencapai 3.18 yang merupakan predikat baik.

Kinerja ini dinilai dari empat domain penilaian. Yaiut domain kebijakan, domain tata kelola, domain manajemen dan domain layanan, maka indeks penerapan SPBE Kabupaten Gowa tahun 2023

Baca Juga : Pemkab Gowa Bentuk Forum CSR Kabupaten, Satukan Persepsi Perusahaan Demi Pembangunan Daerah

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania mengatakan, melalui SPBE akan mendukung upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya serta meningkatkan keterpaduan dan efisien siapa penyelenggaraan SPBE.

“Melalui Sosialisasi SPBE ini, saya harap dapat dijadikan sebagai momentum yang harus kita manfaatkan untuk meningkatkan komitmen, serta semangat bersama memaknai pentingnya pelayanan publik yang prima kepada masyarakat serta kita mampu meningkatkan transformasi informasi serta pelayanan publik di Kabupaten Gowa yang berdaya saing, maju dan sejahtera di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Sementara, Pakar SPBE Kementerian Kominfo Sulsel Firdaus Masyur mengatakan, ada dua hal yang paling mendasar yang perlu diperbaiki yakni kapasitas SDM dan juga infrastruktur.

Baca Juga : Cegah Kematian Ibu Hamil, TP PKK Kabupaten Gowa Gelar Sosialisasi

“Yang pertama kapasitas SDM ini perlu mendapat perhatian khusus, karena basic fundamental dari pengembangan SPBE ke depan ini tertumpu pada kapasitas SDM, makanya perlu dilakukan pengukuran dulu baru nanti dibuatkan perencanaan bagaimana pengembangannya,” ujarnya.

Lanjutnya, yang perlu diperbaiki adalah infrastruktur, mengingat Kabupaten Gowa merupakan daerah dengan wilayah yang cukup luas. Sehingga dibutuhkan infrastruktur yang memadai agar layanan di masyarakat bisa merata.

“Gowa ini merupakan wilayah yang sangat luas ya, kemudian secara demografi juga sangat beragam ada pegunungan, laut dan daratan. Sehingga untuk mengintegrasikan ini dibutuhkan infrastruktur yang memadai sehingga layanan kepada masyarakat ini bisa diberikan secara merata,” terangnya.

Baca Juga : Seluruh ASN di Kabupaten Gowa Wajib Kuasai Public Speaking

Kegiatan ini dihadiri para kepala dinas dan kepala badan, kepala bagian dan para Admin SPBE Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...
Video04 Maret 2024 18:30
VIDEO: Damkar Evakuasi Pegawai yang Terjebak di Lift Puskesmas Kassi-Kassi Makassar
SULSELSATU.com – Seorang pegawai terjebak di lift Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). Sejumlah petugas dam...