Logo Sulselsatu

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Peranan Perempuan dalam Majukan UMKM Lokal

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 12 Desember 2023 11:36

Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail. Foto: Istimewa
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di samping menjadi ibu rumah tangga, tak jarang perempuan juga turut menjadi tulang punggung keluarga dengan mendukung perekonomian rumah tangga.

Melalui sektor UMKM, perempuan seringkali menjadi agen perubahan yang signifikan. Banyak perempuan menjadi pelaku usaha mandiri dengan mengelola bisnis kecil mereka sendiri, mulai dari warung makan, toko pakaian, hingga usaha kerajinan tangan.

Oleh karena itu, peran perempuan dalam sektor UMKM tidak dapat disepelekan. Partisipasi perempuan tidak hanya menjadi pelaku, tetapi juga penggerak utama dalam ekonomi lokal. Hal ini pula yang terus didorong oleh Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail.

Baca Juga : Menteri ATR Serahkan Sertipikat Elektronik ke Pemkot Makassar Senilai Rp3 Triliun

Dalam seminar bertajuk “Peran Perempuan dalam Memajukan UMKM di Kota Makassar” yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, Indira memberikan motivasi dan dorongan kepada para perempuan di Kota Makassar yang berkecimpung dalam bidang UMKM.

“Tentu kita harus semangat, kalau kita tidak semangat, kita akan stagnan begini-begini saja,” ucap Indira, di Hotel Almadera, Senin (11/12/2023).

Indira mengakui, memang ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan UMKM. Kendati begitu, para pelaku UMKM harus memiliki semangat dan optimisme untuk terus maju.

Baca Juga : Bapenda Denpasar Studi Komparasi Optimasi Pendataan Potensi Pajak Daerah di Pemkot Makassar 

Terlebih lagi, banyak event nasional dan internasional yang dilaksanakan di Kota Makassar bisa menjadi ruang untuk memasarkan beragam produk hasil UMKM lokal.

“Jangan malas belajar, kita harus kreatif karena kita harapkan apapun yang dihasilkan UMKM itu adalah produk berkualitas yang ujung-ujungnya bisa kita tawarkan ke orang lain yang berkunjung ke Makassar,” jelasnya.

Lebih jauh, Indira juga meminta kepada pelaku UMKM untuk belajar marketing. Sebab tak jarang produk yang dihasilkan sudah mumpuni, namun terhalang pemasaran yang hanya di situ-situ saja.

Baca Juga : DWP Kota Makassar Perkuat Keimanan Ummat dan Ukhuwah Islamiah dengan Gelar Halalbihalal

“Belajar marketing, bagaimana memasarkan produk secara online, manfaatkan momen-momen acara besar seperti APEKSI dan MNEK kemarin. Dari Dinas Perdagangan juga ada mobil inflasi, itu sudah kami pinjam khusus untuk memajang produk-produk UMKM,” jelas Indira.

Dalam sesi tanya jawab, Indira juga dengan antusias memberikan jawaban yang komprehensif terhadap beragam pertanyaan yang diajukan peserta, memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait tantangan dan potensi kolaborasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran perempuan dalam sektor UMKM.

Di tempat yang sama, Sekretaris Balitbangda Makassar, Haidil Adha menuturkan, peran perempuan tidak hanya berkontribusi pada peningkatan ekonomi keluarga tapi juga kota dan negara.

Baca Juga : PJ Sekda Terima Kunjungan Perwakilan Kota Maniwa Jepang, Ajak Kerja Sama Penanganan Limbah

Seminar yang berlangsung ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi terciptanya kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah daerah, pelaku UMKM, dan masyarakat dalam mendukung perempuan sebagai agen perubahan utama dalam memajukan UMKM di Kota Makassar.

Pemkot Makassar terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM, terutama yang dipelopori perempuan. Dengan kerja keras, dedikasi dan inovasi, UMKM Makassar bisa tumbuh berkembang membawa Makassar dua kali tambah baik,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 April 2024 17:30
Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Kabupaten Gowa Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyer...
Makassar28 April 2024 17:07
Menteri ATR Serahkan Sertipikat Elektronik ke Pemkot Makassar Senilai Rp3 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono memberikan secara langsung sertipikat elektronik hak pengelo...
Metropolitan28 April 2024 16:44
Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Budidaya pisang cavendish yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, sejak awal menjabat menunjukk...
Bisnis28 April 2024 16:06
Raja Madu Sulawesi Lolos Bootcamp PINOTI Kemenperin, Gerbang Menuju Pasar Retail Modern
PT Lontara Jaya Nusantara yang menghasilkan produk Raja Madu Sulawesi berhasil lolos ikut Bootcamp Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (...