Logo Sulselsatu

Azwar Sebut ASI Ekslusif Perkuat Ikatan Batin Anak dan Orangtua

Asrul
Asrul

Selasa, 23 Januari 2024 14:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Azwar menggelar Sosialisasi Perda nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif di Hotel Maxone, Selasa (23/1/2024).

Hadir sebagai narasumber Harisa Tipa, Nur Fadhillah, dan Legiaslator Makassar, Azwar.

Dalam sambutannya, Azwar mengatakan, Perda yang dibuat pemerintah ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman dan aman pada bayi serta meningkatkan ikatan cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak.

Baca Juga : Legislator PKS Makassar Azwar Rasmin Bicara Bahaya Politik Uang Saat Pileg

“Perda ini bertujuan untuk menjami pemenuhan hal bayi untuk mendapatkan ASI Ekslusif sejak dilahirkan sampai berusia 6 bulan dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan bayi,” ungkap Azwar.

Politisi PKS itu mengatakan, dalam Perda ASI Ekslusif juga memberikan perlindungan kepada ibu dalam memberikan ASI Ekslusif kepada bayinya.

“Makanya tempat kerja dan tempat sarana umum harus menyediakan ruangan tempat menyusui bagi ibu-ibu,” jelasnya.

Baca Juga : Komisi B DPRD Makassar Minta PD Pasar Selesaikan Tugas Usai Lebaran

Sementara itu, Narasumber kedua, Harisa Tipa mengatakan, tempat sarana dan prasarana umum harus menyediakan bilik khusus agar masyarakat bisa menyusui anaknya.

“Tempat sarana umum harus menyiapkan tempat menyusui. Misalnya di pasar, karebosi link dan lain-lain. Perda ini penting disosialisasikan karena penting untuk diberitahukan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Nur Fadhilah selaku narasumber kedua mengatakan, ASI ini cairan tanpa tanding yang diciptakan oleh Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Baca Juga : Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

“ASI Ekslusif ini wajob diberikan dari usia 0-6 bulan tanpa campuran makanan dan minuman. ASI ini merupakan makanan utama,” katanya.

Dari sisi kesehatan, kata dia, menyusui merupakan salah satu investasi terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh bayi.

“Manfaat ASI bisa meningkatkan imun tubuh, membuat bayi semakin cerdas, berat badan menjadi ideal, tulang bayi lebih kuat, mendapat limpahan kolesterol, serta memperkuat hubungan ibu dan anak,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 April 2024 20:47
VIDEO: Mobil Terjun ke Jurang di Jalan Poros Malino Gowa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil terjun ke jurang di Kabupaten Gowa. Kejadian ini terjadi pada Minggu (14/4/2024). Insiden ini...
Metropolitan14 April 2024 18:42
Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen
Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pel...
Politik14 April 2024 18:17
Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar Usungan NasDem di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Pilwali Kota Makassar sejumlah figur bakal calon kandidat wali kota maupun wakil wali kota mulai bermuncula...
Video14 April 2024 18:13
VIDEO: Tanah Longsor terjadi di Tana Toraja, 18 Orang Ditemukan Meninggal
SULSELSATU.com – Tanah longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Longsor terjadi sekitar pukul 22.30 WITA di RT ...