Logo Sulselsatu

Sofha Marwah Bahtiar Lantik dan Kukuhkan Pengurus Komunitas Designer Olah Tenun Sulsel

Asrul
Asrul

Minggu, 11 Februari 2024 12:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, melantik dan mengukuhkan pengurus Komunitas Designer Olah Tenun Sulsel Periode 2024 – 2025, di Mall Phinisi Point Makassar, Sabtu malam, 10 Februari 2024. Pengukuhan ini dirangkaikan dengan fashion show karya 25 designer yang tergabung dalam komunitas ini.

Designer kondang Sulsel yang hasil karyanya ditampilkan, diantaranya Adhy Alie, Itja Achmad, Ilyas De Sam, Irwandhy, Arie Rich, Asdar Habib, Rina Tamam, Amriany Achmad, Husnah Anwar, Mahdalia Makkulau, Eka Madjid, serta sejumlah designer lainnya.

Sofha Marwah sangat mengapresiasi kehadiran komunitas designer olah tenun ini. Apalagi, tenun Sulsel sangat indah, sehingga butuh sentuhan para designer agar lebih bagus lagi.

Baca Juga : PKK Goes to School, Sofha Marwah Bahtiar Bagikan Bantuan untuk Siswa di Maros dan Pangkep

“Tenun di Sulsel sangat bagus, sehingga butuh sentuhan dari designer untuk menjadi karya yang indah. Saya sangat mendukung sekali adanya organisasi seperti ini. Apalagi , designer Sulsel sudah sangat terkenal,” kata Sofha Marwah.

Sofha Marwah pun menceritakan, pada Desember 2023 lalu, ia berkunjung ke Uzbekistan, negara dengan hasil tenun terbesar ketiga di dunia. Saat kunjungannya tersebut, ia mengenakan pakaian tenun hasil karya designer Sulsel, Magdalena, dan mendapat pujian dari Wakil Gubernur Vergana, di Margilan.

“Beliau sangat terkesan dengan tenun yang saya gunakan. Motifnya bagus, bahannya bagus, ditambah desain yang juga sangat indah. Artinya, designer kita tidak kalah dengan yang ada di luar negeri,” tuturnya.

Baca Juga : Pj Ketua PKK Sulsel Tebar Benur Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish di Kota Parepare

Ia berharap, designer Sulsel terus berinovasi melalui karya-karyanya, sehingga tenun ini bisa digunakan semua kalangan. Termasuk dengan tenun Rongkong, yang harganya lumayan mahal karena proses pembuatan yang rumit dan bahannya yang sulit didapatkan.

“Melalui komunitas ini, saya berharap masyarakat kita semakin bangga menggunakan produk lokal berbahan tenun asal Sulsel,” harap Sofha Marwah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video27 Februari 2024 23:34
VIDEO: Kebakaran terjadi di Panyili Bone, 4 Rumah Warga Dilalap Api
SULSELSATU.com – Kebakaran Melanda Desa Panyili, Bone, pada Selasa (27/2/2024). Sebanyak empat rumah warga dilaporkan habis terbakar. Dugaan sem...
News27 Februari 2024 23:12
Biro Hukerma Dorong SDM Humas Kemenkumham se-Indonesia Adaptif Respon Kemajuan Teknologi
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) ikuti kegiatan Kehumasan berjudul ...
Hukum27 Februari 2024 22:19
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sambangi Dirjen PP, Ini yang Dibahas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bebe...
Sulsel27 Februari 2024 21:46
Camat Sarankan Kades Mattirotasi Sidrap Lakukan Musyawarah Sebelum Pecat Staf
Camat Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Hidayatullah merespons kabar pemecatan staf di kantor Desa Mattirotasi. Ia mengaku sudah bertemu langsun...